Breaking News

 


WASPADA ! Melintas Jalan Depan Kantor DPRD Pasbar, Pohon Mahoni Lapuk

Pohon Mahoni Jalan Padang Tujuah
Depan Kantor DPRD Pasbar


Pasbar,Figurnews.com

Puluhan pohon mahoni di komplek perkantoran Padang Tujuh Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dinilai membahayakan pengendara yang melewati jalan disekitar itu karena sejumlah dahan pohon itu mulai lapuk dan rentan patah.


"Memang sudah terlihat membahayakan karena dahan-dahannya sudah lapuk," kata Ketua KNPI Pasaman Barat Tegar Marunduri di Simpang Empat, Selasa.

Menurutnya jejeran pohon mahoni itu sudah hidup puluhan tahun dan menjadi pohon pelindung yang tumbuh ditaman tengah jalan didepan kantor DPRD setempat.

Saat ini, katanya dahan pohon mahoni itu sudah lapuk dan sudah beberapa kali patah dan mengancam pengendara yang melewati daerah sekitar pohon mahoni itu.


"Kepada dinas terkait agar dapat memperhatikan ini dan dapat memangkas dahan yang sudah lapuk sebelum ada korban jiwa," harapnya.


Ia menyebutkan saat berkendaraan melewati jalan itu jika hujan lebat disertai angin membuat ia merasa cemas jika ada dahan pohon yang patah dan menimpa dirinya.


"Arus lalu-lintas di daerah pohon mahoni Padang Tujuh cukup ramai karena daerah itu merupakan daerah perkantoran. Lebih baik pangkas dan rapikan sebelum ada korban," tegasnya.


Saat dikonfirmasi ke Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra membenarkan dahan-dahan mahoni itu sudah banyak yang lapuk dan membahayakan pengendara.


"Saya minta kepada dinas terkait Dinas Lingkungan Hidup agar segera membersihkan atau memangkas pohon yang sudah lapuk itu," tegasnya.


Menurutnya pohon mahoni yang sudah menjadi ikon daerah Padang Tujuh sudah berumur puluhan tahun.


Selain menjadi pohon pelindung juga pohon hias disepanjang jalan itu dan menjadi ciri kas daerah Padang Tujuh


"Kepada dinas terkait harus cepat tanggap. Jangan biarkan ada korban terlebih dahulu," harapnya.

Sementara, Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Pasaman Barat, Dodi menambahkan" Bagi pengendara atau warga yang melintas dibawah pohon mahoni agar hati- hati. Waspadai disaat cuaca hujan dan angin kencang".

"Selain pohon Mahoni, perlu juga diperhatikan pohon pelindung sepanjang jalan Simpang Empat Jambak.  Warga dilarang membakar sampah di dekat pohon pelindung," pesannya.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre