Breaking News

Wagub Tinjau Sekolah Agrowisata Percontohan di Sebatik Barat


Nunukan(Kaltara), Figurnews.com

Kehadiran Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Yansen TP di SMK Negeri 1 Sebatik Barat mendapat sambutan hangat dari siswa dan para pendidik.

Kedatangan Wagub Yansen TP ini merupakan salah satu agenda dari kegiatan monitoring dan evaluasi di Kabupaten Nunukan, Jumat (17/9).

“Kedatangan saya ke SMK ini sudah ke dua kalinya, sebelumnya saya kemari saat masih menjabat Bupati Malinau bersama dengan Menteri Polhukam,” katanya saat memberi sambutan.

Wagub Yansen TP mengatakan, suasana berbeda terlihat pada kedatangannya kali ini. Pembangunan SMK Negeri 1 Sebatik Barat sudah jauh lebih baik.

Pada sambutannya, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sebatik Sujud menjelaskan perkembangan pembangunan SMK. Setelah tahun 2017 hingga 2019, sebanyak 9 hektar lahan sudah dikelola untuk ditanami bibit pohon.

Ia juga menerangkan, konsep SMK yang telah berdiri sejak 2007 ini adalah sekolah berbasis ketahanan pangan menuju agrowisata. Untuk itu berbagai upaya dan rencana telah disusun, namun tetap memerlukan bantuan pemerintah untuk mewujudkannya.

“Hanya dua kekurangan kami, akses jalan menuju tambak masih becek, mudah-mudahan dari Provinsi Kaltara membantu kami untuk pengerasan jalan sebagai akses agrowisata. Kedua adalah aliran listrik dari jalan sampai ke tambak, sehingga kami dapat membudidayakan udang paname,” pintanya.

Dalam upayanya menuju agrowisata, pihaknya menyiapkan lahan seluas 3 hektare untuk pembangunan homestay dan dibantu pihak perusahaan-perusahaan melalui CSR.

“Apabila nanti 6 tahun ke depan mungkin pemerintah daerah ingin melakukan rakor, inilah tempatnya sambil menikmati keindahan alam dan durian yang sudah berbuah,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, sejatinya yang diinginkan SMK Negeri 1 Sebatik Barat bukan tentang hasil (buah) saja tetapi menghasilkan siswa yang berkompeten di bidangnya.

Ke depan, SMK akan menjadi pusat pembibitan. Sehingga sejak dini sudah melakukan penanaman bibit awal.

“Lahan inilah yang kami siapkan untuk tahap pembibitan, kami tanam dulu pohon-pohonnya, manggis, dan durian,” lanjutnya.

Menyikapi sambutan Sujud, Wagub Yansen mengapresiasi visi yang dijalankan oleh Sujud. Ia menilai, perlu pendidik yang memiliki semangat visioner untuk membangun Kaltara.

“Semangat melihat kedepan itu yang menjadi kekuatan mengubah. Oleh sebab itu SMK negeri satu yang sekarang ini, Insayaallah dengan pandangan seperti tadi, dengan semangat yang digambarkan tadi, ini akan menjadi sebuah model pendidikan sekolah kejuruan, SMK model di Indonesia,” ungkap Wagub Yansen. (*****)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre