Breaking News

TNI AL Puspenerbal, Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Maritim



Sidoarjo,Figurnews.com

Vaksin merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga aman dan jika diberikan kepada seseorang akan membuat kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu, (20/9). TNI AL melalui Puspenerbal terus mengupayakan pelaksaan suntik vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat maritim Jawa Timur.


Pelaksanaan vaksinasi bertempat di Terminal 2 Bandara Juanda Sidoarjo bagi masyarakat maritim Jawa Timur. Dimana sampai hari ke 61 pertanggal 19 September 2021, Puspenerbal telah memvaksin 45.002 orang.  


Sebanyak 50 tenaga vaksinator yang terdiri dari Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumkital dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda Puspenerbal, vaksinator  Stikes Hang Tuah Surabaya, Wing Udara 2 sebagai personel operator komputer membantu pendaftaran, input data sekaligus regristrasi, dan pencetakan sertifikat Vaksin dilibatkan dalam kegiatan ini. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi dan memutus rantai penularan Covid-19.


Kasubditkes Puspenerbal, Letkol Laut (K) Joko mengatakan bahwa vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut. 


“Vaksin memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan efek samping yang dihasilkan. Vaksin dapat memberikan antibody yang lebih tinggi dan memberikan proteksi terhadap virus Covid-19”, ujar Joko sapaan akrabnya.


Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam mendukung program pemerintah guna mempercepat terbentuknya Herd Immunity. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi.


Sumber : Kabagpen Puspenerbal

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre