Breaking News

 


Selain Tawarkan Makanan dan Minuman, Kafe Sikkokong Edukasi Anak-anak

Foto: Seorang Ibu mendampingi anaknya mengambar di area Kafe Sikkokong. Sabtu, (25/09/2021).

MENTAWAI. FN- Kafe Sikkokong Batu Putih di Mapaddegat saat ini mulai banyak diminati oleh para pengunjung. Nuansa pantai pasir putih dan konsep strategis menjadi alasan untuk kesana. 

Berbagai menu makanan dan minuman disediakan oleh pemilik usaha Kafe Sikkokong itu, Rudal Patriot Sababalat di lokasi, Batu Putih, Dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Selain itu, Kafe Sikkokong juga melayani anak-anak dengan berbagai macam bentuk permainan edukatif yakni menggambar, memancing dan menyusun kata dengan harga sewa bervariasi, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. 

"Usaha ini kita buat agar anak-anak dapat belajar sambil bermain, mereka dapat bermain sepuasnya, kita tidak batasi, tentunya itu kita lakukan untuk menghindari kecanduan anak bermain di Gadged pada umumnya," ujar Jek, Ipar Pemilik Kafe itu. Sabtu, (25/09/2021). 

Menurutnya, usaha tersebut merupakan langkah untuk memperkenalkan permainan yang layak bagi anak saat ini. Hal itu dilakukan guna menghindari dampak buruk dari permainan di aplikasi Gadget tersebut. 

"Jadi disini orang tua dapat bersantai sambil melihat anak-anak bermain," tambahnya. 

Dikatakan rata-rata pengunjung banyak berdatangan di hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu. 

"Konsep ini adalah cara kita untuk menghidupkan suasana di sekitar palanta kursi dan meja di pinggir pantai ini, semoga para pengunjung dapat menikmati ini," tutupnya. 

Sementara itu Pemilik Kafe, Rudal Patriot Sababalat mengatakan, kafe Sikkokong telah dibuka sejak 8 Maret 2021 sesui terbitnya surat izin usaha mikro kecil menengah (IUMK) dengan kode KBLI nomor 56303. 

Hal itu merujuk pada peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan izin berusaha terintegrasi secara eloktronik, atas untuk nama Mentri, Pimpinan Lembaga, Gubernur dan Bupati/Walikota dalam izin usaha. 

Kafe Sikkokong itu berdiri ditanah selebar 50 dan sepanjang 100 meter terdiri dari bangunan kafe, palanta atas (di batu putih) dan palanta di pinggir pantai. 

"Disini pengunjung dapat bersantai sambil berkaroke, serta juga dapat menjadi tempat bermain anak-anak" ujar Pemilik Kafe Sikkokong itu. 

Harga aneka makanan di kafe itu lanjutnya berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Selanjutnya harga aneka minuman berkisar antara Rp7 ribu hingga Rp13 ribu. Sementara itu aneka minuman kusus Boba dihargai Rp16 ribu. 

Rudal menyebutkan, Sikkokong Kafe dihari kerja buka mulai pukul 12.00 sampai 22.30 WIB. Seterusnya pada hari libur buka pukul 12.00 WIB sampai 24.00 WIB. 

"Jumlah pengunjung pada hari libur bisa mencapai sekitar 200 sampai 250 orang," terangnya. 

Jarak Kafe Sikkokong dari pemungkiman Masyarakat berkisar 600 meter. Akibatnya, Sikkokong Kafe masih menggunakan pembangkit tenaga listrik mesin disel pribadi. Namun pemilik Kafe itu telah membicarakan hal tersebut dengan GM PLN Padang. 

"Mudah-mudahan secepatnya terealisasi," tutup Rudal Patriot Sababalat itu. 

Diketahui sebelumnya, Sikkokong Cafe Batu Putih pernah dikunjungan oleh rombongan DPD KNPI Sumbar dan Jajaran. Turut hadir saat itu Bupati Mentawai, Wakil Bupati Mentawai, Anggota DPRD Mentawai beserta jajaran. (ev)

1 komentar:

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre