Breaking News

 


Polsek Ranah Batahan Berhasil Yakinkan Siswa SMAN Bahwa Vaksin Halal, Aman Dan Bermanfaat

Pasaman Barat, Figurnews.com-Dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) seluruh masyarakat Indonesia, Polisi Republik Indonesia dalam hal ini Jajaran Polsek Ranah Batahan menggelar Giat Gerai Vaksin Presisi di SMAN 1 Ranah Batahan Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Kamis (30/09).

Kecamatan Ranah Batahan  merupakan wilayah yang terletak di ujung paling utara Kabupaten Pasaman Barat, yang berbatasan langsung dengan Propinsi Sumatera Utara.

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M melalui Kapolsek Ranah Batahan Iptu Dwi Rahmat Yanto,SH menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi ini terwujud berkat hasil koordinasi Polres Pasaman Barat dengan Dinas Kesehatan beserta tenaga kesehatan Puskesmas Silaping.

“Kita memfokuskan pelaksanaan gerai vaksinasi Presisi ini kepada para pelajar SMAN 1 Ranah Batahan yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan belajar tatap muka, total ada sekitar 44 siswa yang akan menjadi target kita dalam kegiatan Gebyar Vaksinasi ini” ujar Kapolsek Ranah Batahan.

Pada vaksinasi tahap pertama kali ini, Pihaknya dibantu 2 petugas Vaksinator dari Puskesmas Silaping, 8 orang tenaga kesehatan, Administrator sebanyak 2 orang Petugas lain 2 orang.

Lebih lanjut, Iptu Dwi menyampaikan " Adun Jenis Vaksin Coronavac sebanyak 22 vial, berasal dari Polri. Sementara Sisa Vaksin sebanyak 15 vial ditempatkan di Puskesmas Silaping,"

"Sisa Vaksin Coronovac sebanyak 15 Vial akan dipergunakan vaksinasi untuk siswa SMAN 2 Ranah Batahan Nagari Desa Baru Kecamatan Rabat. Pelaksanaan bersama dengan Puskesmas Desa Baru pada hari Jum'at besok," jelasnya.

Menurut Kapolsek Ranah Batahan, kegiatan gerai Vaksinasi Presisi yang dilaksanakan  adalah perintah langsung Kapolri, kepada seluruh jajaran Polri sampai Polsek dari Sabang hingga Merauke untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19, demi cepatnya pemulihan ekonomi nasional.
 
"Sesuai perintah Kapolri Jendral (Pol) Listiyo Sigit Prabowo meyampaikan kejajaran termasuk Polres Pasaman Barat hingga jajaran Polsek untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid 19. dengan kegiatan Vaksinasi Massal," imbuhnya

"Polri membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 telah melaksanakan dan berupaya konsisten untuk terus melaksanakan Program Prioritas Penanggulangan Covid-19. Yakni melaksanakan gerai  vaksinasi presisi kepada masyarakat termasuk pelajar,,"

"Sebelumya jajaran Polres Pasbar juga melaksanakan tes usap (swab) bagi anggota dan keluarga,  serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah bersama Palang Merah Indonesia Pasbar, " ungkapnya.

Kasat Intelkam Polres Pasbar, Kasat Intel
Teguh Priyatno, S.H menambahkan, " Semua program tersebut dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh komponen atau sarana prasarana yang dimiliki setiap jajaran. Khusus berkaitan dengan vaksinasi cegah wabah, dan bantuan sembako yang diperuntukkan warga kurang mampu ekonomi yang terdampak dari pandemi Covid-19" ungkapnya.

Ia menyampaikan, Pihak Polres Pasaman Barat selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak dan pemerintah kabupaten Pasaman Barat untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat Pasbar.

"Selain itu Polres Pasbar juga telah berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja karyawan perusahaan sawit, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media, " katanya.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada hoax vaksin COVID-19. Jika belum mengetahui pasti kebenarannya, jangan disebarkan atau di share," tegasnya.

"Disinformasi atau hoax ini adalah musuh bersama. Hoax dapat menghambat upaya kita bersama dalam melakukan penanganan COVID-19.

"Masyarakat harus selalu cek dan ricek setiap informasi yang diterima, saring sebelum sharing dan selalu merujuk pada sumber-sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya," tutur Teguh.

Sebagai rujukan yang dapat menjadi acuan masyarakat mendapatkan informasi tentang COVID-19, misalnya melalui situs WHO dan UNICEF, ataupun mengakses laman www.covid19.go.id yang dikelola oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), serta situs Kementerian Kesehatan.

Adapun, untuk memeriksan suatu informasi apakah itu hoax atau bukan, maka bisa mengunjungi laman ini https://s.id/infovaksin.

Untuk itulah, masyarakat diminta agar saring sebelum sharing semua hal yang berkaitan dengan vaksinasi agar herd immunity dapat terbentuk sesuai dengan yang diharapkan, agar kesehatan negara segera pulih, sehingga ekonomi dapat segera bangkit.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre