Breaking News

 


Pinang Sabatang

Museum Istano Pagaruyung (Doc: Wahyu Setyo Widodo/detik.com)


Oleh : HENDRI

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia".(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Hadits diatas memberi gambaran bahwa manusia yang baik itu adalah yang membawa manfaat bagi manusia lainnya. Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk hidup saling membantu dan peduli dengan lainnya. 

Sejalan dengan itu, masyarakat Minangkabau kental dengan budaya berbuat baik seperti gotong-royong, peduli dengan sesama dan tidak mementingkan diri sendiri.

Filosofi masyarakat Minangkabau selalu menjadikan alam sebagai contoh dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti contoh Pinang yang selalu tumbuh dihampir setiap rumah gadang di Minangkabau adalah lambang kepedulian sosial yang sangat tinggi.

Bagaimana tidak. Pinang selalu memberikan manfaat dari setiap batang tubuhnya. Mulai dari akar, batang, buah pinang muda dan tua, sampai kepelapahnya bermanfaat bagi masyarakat.

Buah pinang muda, sering digunakan oleh orang untuk campuran makan sirih dan sebagai campuran minuman. Selain itu pinang masak atau yang sudah tua juga sangat banyak manfaatnya terutama untuk kesehatan.

Dilansir dari laman www.halodoc.com,

Ada beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan yang perlu dicoba, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Mulut. Pada zaman dahulu, buah pinang dimanfaatkan sebagai pasta gigi, tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Biasanya, biji buah pinang akan dibakar sampai halus dan berubah menyerupai abu. Kemudian, abu tersebut digosokkan ke seluruh bagian gigi.

2. Anti Penuaan Dini. Antioksidan yang terkandung dalam buah pinang ternyata juga mampu menangkal radikal bebas , sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Cara kerjanya dengan menghilangkan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput pada kulit. Buah pinang membantu mengurangi kandungan minyak berlebih yang otomatis akan mencegah timbulnya komedo.

3. Mengobati Kulit yang Luka. Selain meregenerasi kulit, buah pinang ternyata dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Jika kamu tidak sengaja terjatuh, atau memiliki bekas luka di kulit, coba untuk memanfaatkan buah pinang untuk memperbaikinya.

4. Menambah Stamina.

Melansir dari Alcohol and Drug Foundation, buah pinang mampu membuat seseorang lebih waspada dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini tentunya berkaitan langsung dengan peningkatan stamina pada orang yang mengonsumsinya. Buah pinang disebut memiliki kandungan senyawa yang menstimulasi hormon, sehingga mampu menambah stamina. Khasiat ini didapat dengan mengonsumsi buah pinang yang sudah dipotong-potong sehingga lebih mudah dicerna.

Selain itu, batang pinang juga mengandung banyak fungsi. Dikutip dari laman gaya.tempo.co: Dimanfaatkan sebagai bahan perkakas atau pagar meski kurang awet. Batang pinang tua juga dapat dimanfaatkan sebagai talang atau saluran air dengan cara dibuang tengahnya.

Pelepah atau upih pinang juga memberi manfaat yang tidak sedikit. Dikutip dari www.bibitpinangunggul.com, pembungkus kue-kue dan juga makanan. Upih atau Pelepah dari Pohon Pinang ini berbentuk tabung. Pada bagian umbutnya bisa dijadikan sebagai lalapan atau diolah menjadi acar.

Upih pinang saat ini bisa digunakan sebagai wadah makanan yang ramah lingkungan

Saat ini upih pinang dijadikan bahan pengganti stryrofoam untuk digunakan di produk–produk wadah makanan.

Akarnya juga sering digunakan sebagai ramuan obat, dan banyak lagi manfaat dari pinang ini.

Itulah gambaran alam dari pinang yang menjadi guru dan tauladan bagi masyarakat Minangkabau, Selalu memberikan manfaat bagi masyarakat. 

Didepan tangga museum Istano Basa Pagaruyung, anda akan melihat pinang tumbuh subur seolah-olah menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada setiap tamu yang berkunjung kemuseum dan mengajak pengunjung untuk selalu menebarkan kebaikan.(**)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre