Breaking News

 


Mendekam di Lapas Lhoksukon,Bos Shabu Sawang Bebas Pakai Hp


Aceh Utara, Figurnews.com 

Salah seorang narapidana (napi) yang berada di Lapas kelas IIB Lhoksukon Aceh Utara diduga dapat dengan bebas menggunakan Handphone selama berada di dalam ruang tahanan. Jumat (17/09/2021)

Fatli merupakan salah satu Bandar Shabu asal desa sawang dusun uteun punti kecamatan sawang Aceh Utara yang berhasil diringkus pihak Polda Aceh setahun lalu dari hasil pengembangan kasus dengan barang bukti 1ons Shabu. Bebas menggunakan Handphone selama di bui di Rutan tersebut

Selama dalam masa tahanan,yang bersangkutan hampir setiap hari melakukan komunikasi keluar melalui Handphone karena pihak Lapas Lhoksukon kurang disiplin dalam menangani para narapidana.

Padahal pemerintah telah membuat UU dimana Setiap Narapidana atau Tahanan yang berada dalam Lembaga Pemasyarakatan (“LAPAS”) dilarang memiliki, membawa, dan/atau menggunakan alat elektronik berupa telepon genggam (Handphone). Bagi Narapidana yang melanggar aturan tersebut dapat dikenakan Hukuman Disiplin tingkat berat.

Dalam Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (“UU 12/1995”) dijelaskan bahwa Lembaga Pemasyarakatan (“LAPAS”) adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan.

Artinya, setiap orang yang ditempatkan di LAPAS telah selesai menjalani proses hukum melalui Persidangan di Pengadilan dan kini sedang menjalani masa hukumannya berupa pidana hilang kemerdekaan. Pidana hilang kemerdekaan tersebut berarti para narapidana di dalam LAPAS tidak mempunyai kehidupan bebas selayaknya setiap orang yang berada di luar Lapas.

ML/30 kepada Figurnews menuturkan bahwa hampir setiap hari dia menelpon orang didesanya,  saya heran,biasanya orang dalam masa tahanan kan di larang pakek Hp.

Bahkan kita yang mau berkunjung pun diperiksa oleh pihak Lapas untuk tidak membawa Hp kedalam

ini malahan dia yang di tahan,bebas telp kesana kemari, itu yang membuat saya heran.ucap ML

Kalau terjadi pembiaran penggunaan Hp oleh pihak lapas, di takutnya nanti, para Bos Shabu bisa bebas mengontrol bisnis haramnya selama di penjara.tambah ML.(ajn)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre