Breaking News

 


Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kampar Kiri Hulu, Bupati Kampar Silaturrahmi dengan Ninik Mamak.


Gema, Kampar Kiri Hulu, Figurnews.com

Menjelang kunjungan ke Desa Ludai beberapa waktu lalu, Kamis, 02/09 Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, MH yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar menerima kunjungan dan silaturrahmi Ninik Mamak Kenegerian yang berada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Pertemuan di gelar di Ruang Kerja Camat Kampar Kiri Hulu di Gema.

Hadir pada silaturrahmi tersebut Dt. Wahadis dan Dt. Khairi Anuar dari Kenegerian Pulau Pencong, By herizal datuok Bandaro Kholifah kenegerian Kuntu, Jasman Tarajo datuok baromban Ninik mamak kenegerian Kuntu,dan Abu Nawas tokoh masyarakat kenegerian Kuntu serta Dt. Ismail Bendahara LAK Kampar.

Pada kesempatan tersebut ada Beberapa point penting disampaikan oleh Ninik mamak diantaranya terkait dengan kondisi sosial kemasyarakatan pemerintahan baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat Desa , pemberdayaan dan pembinaan anak kemanakan, serta terkait dengan sinergitas antara masyarakat dengan perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Seperti yang disampaikan oleh By herizal datuok Bandaro Kholifah kenegerian Kuntu dimana terdapat permasalahan antara masyarakat dengan salah satu perusahaan adanya kompensasi bagi masyarkat setempat, kami mohon agar setiap perusahaan yang beroperasi agar dapat bersama-sama dengan masyarkat bersinergi dalam membangun negeri, jangan hanya mengeruk keuntungan tapi juga dapat memberikan sumbangsih terhadap masyarkat " Kata By Herizal datuok Bandaro khalifah Kenegerian Kuntu.

Sementara itu Wahadis Ninik mamak dari kenegerian Pulau Pencong  menyatakan perlu sinergitas antar Ninik mamak, apalagi saat ini sudah ada wadah dan Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) yang baru saja dilantik, mohon agar seluruh Ninik mamak dapat di ayomi dengan wadah lembaga Adat Kampar.

Semoga keberadaan Ninik mamak dapat memberikan fungsi didesa maupun di Kecamatan, sementara untuk anak kemanakan memang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing Ninik mamak " Kata Wahadis.

Menyikapi apa yang disampaikan Ninik mamak tersebut Yusri yang juga selaku Sekda Kampar menyatakan menerima aspirasi dari Ninik mamak, kita akan bicarakan terhadap berbagai persoalan yang saat ini perlu di carikan solusi dan jalan terbaik, sehingga kerukunan dan kehidupan dapat berjalan dengan baik, saling menghormati, menjunjung tinggi adat istiadat setempat maupun bersinergi dalam memajukan daerah masing-masing " Kata Yusri.

Hal ini juga disampaikan oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, MH Datuok Rajo Batuah selaku payung panji adat di Kampar, ia sangat peduli dan perhatian terhadap Ninik mamak dan adat istiadat di Kabupaten Kampar" Tambah Sekda Kampar.

Sementara itu untuk pembinaan dan pwngayomam Ninik mamak maupun anak kemanakan saya selaku ketua LAK Kampar siap membangkitkan kembalikan fungsi dan peran Ninik mamak di tengah masyatakat maupun di tengah anak kemanakan, mari kita saling hormat menghormati, saling tegur sapa dan saling menghargai, sehingga mewah kita selaku Ninik mamak dapat terangkat sebagaimana fungsi Ninik mamak " Tutup Yusri (Diskominfo Kampar)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre