Breaking News

 


Komit Pertahankan UHC, Pemko Padang Panjang Targetkan UHC 98%

 


Padang Panjang — Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Henny Nursanti dalam paparannya menerangkan jika capaian Universal Health Coverage (UHC) Kota Padang Panjang per 1 September 2021 diangka sebesar 97,16%. Hal itu disampaikan Henny saat pelaksanaan pertemuan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Tahap II Tahun 2021 Kota Padang Panjang bersama dengan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul beserta OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PPKBPPPA, Bappeda dan BPKD pada Rabu (22/09) di Aula BPKD Kota Padang Panjang.

“Diharapkan UHC Kota Padang Panjang dapat dicapai minimal 98% dengan memenuhi kuota kepesertaan Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Padang Panjang (JKMPP) sesuai kuota kepesertaan dalam perjanjian kerja sama 2021. Dimana per 1 September 2021, masih terdapat 641 kuota JKSS belum terpenuhi dari 7.962 kuota yang tersedia dan untuk JKMPP masih terdapat 1.062 kuota belum terpenuhi dari total kuota JKMPP tahun 2021 sebesar 11.282 kuota yang tersedia,” terang Henny.

Lebih lanjut Henny mengatakan selain dipenuhinya kuota JKSS dan JKMPP, pihaknya mengharapkan dukungan Pemerintah Kota Padang Panjang dengan mendaftarkan masyarakat yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum terdaftar dapat didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS.

“Berdasarkan hasil pairing data DTKS dengan masterfile BPJS Kesehatan, dari 12.015 jiwa masyarakat Kota Padang Panjang yang termasuk dalam DTKS, masih terdapat 488 jiwa masyarakat belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS,” kata Henny.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Fadly Amran langsung menginstruksikan jajaran OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PPKBPPPA, Bappeda dan BPKD untuk segera memenuhi target capaian UHC tersebut.

“Saya minta OPD terkait bisa secara bersama-sama dan berkolaborasi merealisasikan dan menuntaskan target UHC Padang Panjang ini. Hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kita,” tegas Fadly.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre