Breaking News

 


Kisah Inspiratif Alumni Akademi Komunitas Mentawai jadi Kepala Desa

 

Foto: Alumni PDD AKN Mentawai, Sion Marsutim Taileleu (kiri) yang kini menjadi Kepala Desa Goisooinan didampingi Waka I, Kurnia Sakerebau dan Dosen Prodi Budidaya Perikanan, Yobel Rivi D Saogo. Kamis, (02/09/2021).

MENTAWAI. FN- Kisah inspiratif ini datang dari seorang Alumni Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Lampung Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kepulauan Mentawai, Sion Marsutim Taileleu. 

Alumni Program Studi Budidaya Perikanan Diploma II Angkatan Pertama tahun akademik 2015/2016 itu kini menjadi Kepala Desa di Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Sion Marsutim Taileleu juga merupakan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada masa itu. Saat acara kemah bakti pada tahun 2017, Sion Marsutim Taileleu dan tim mencatat rekor di kampus pembuat kolam terbanyak di Desa Goisooinan sebanyak 14 kolam. 

Kegiatan pembuatan kolam pada kemah bakti itu merupakan bentuk pengabdian Mahasiswa terhadap Masyarakat. Hal itu sesui dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

Secara umum, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. 

Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. 

"Menjadi Kepala Desa saat ini adalah sebagai bukti yang saya peroleh, saya lulus verifikasi jadi bakal calon Kepala Desa, karena kuliah disini," ungkap Sion Marsutim Taileleu pada sambutannya pada acara pengenalan visi dan misi dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2021/2022 atau Mahasiswa angkatan VII di kampus. Jl Raya KM-09, Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara. Kamis, (02/09/2021). 

Tidak hanya itu lanjut Sion, saat menyampaikan visi dan misi dalam kampanye Pilkades lalu, Ia dapat menguasai ilmu Pertanian. Dimana ilmu tersebut memiliki hubungan erat dengan Budidaya Perikanan. 

"Kedepan kita akan dongrak pertanian di desa Goisooinan, khususnya dibidang pengolahannya," tambah Kepala Desa yang baru sertijab 5 hari itu. 

Sion Marsutim Taileleu mengatakan, pihak Desa akan membuka pintu lebar bagi Mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan di desanya. Bahkan Sion juga ingin adanya kegiatan kampus yang dapat menyentuh desa Goisoinan. 

"Adek-adek sekalian kalau ingin praktek ke Goisooinan, jangan ragu-ragu, nanti kita akan dampingi," imbuhnya. 

Selain itu, Sion juga menyampaikan rasa bahagianya. Dimana Wakil Ketua UKM, Jaibi dimasanya itu juga telah menjadi Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Goisooinan. "Rupanya kami masih diberikan kesempatan untuk bersama kembali," tutup Sion. 

Diketahui Jaibi merupakan rekan seangkatan Sion Marsutim Taileleu. Jaibi merupakan Mahasiswa angkatan pertama Program Studi Teknologi Pangan. 

Kegiatan PKKMB pada acara pengenalan visi dan misi PDD AKN Mentawai itu dihadiri Wakil Ketua Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Kurnia Sakerebau sebagai Nara Sumber, Ketua Panitia PKKMB, Yobel RD Saogo, Dosen Budidaya Perikanan, Ermianus Samalei dan Pineta CSR, UKM dan Mahasiswa Baru. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre