Breaking News

 


Kapolsek Talamau Tutup PETI di Tombang

Pasaman Barat,Figurnews.com

Kepolisian Sektor (Polsek) Talamau menuntup Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Tombang , Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dengan melarang keras adanya penambang emas tanpa izin di daerah itu karena melanggar UU Nomor 3 tahun 2020 tentang mineral batubara.

Kegiatan penutupan PETI tersebut di Pimpin Langsung Oleh Kapolsek Talamau AKP JUNAIDI,SH dan di ikuti oleh personil Polsek Talamau 

"Tidak dibolehkan dan jika ada bisa diancam lima tahun penjara dan denda Rp100 miliar," tegas Kepala Polsek Talamau AKP Junaidi, Selasa (21/9)

Menurutnya pada Senin (20/9) jajaran Polsek Talamau melaksanakan tindakan persuasif atau pencegahan tambang emas tanpa Izin di daerah Tombang.

Ia mengatakan saat pelaksanaan tidak ditemukan masyarakat atau alat berat yang tengah melaksanakan aktifitas penambangan emas tanpa izin di daerah itu.

Namun terindikasi adanya lokasi yang pernah dijadikan lokasi tambang namun telah ditinggalkan oleh para penambang.


Polsek Talamau melakukan tindakan preventif serta persuasif dengan memasang plang larangan agar tidak melakukan aktifitas penambangan tanpa izin karena melanggar aturan.


Dengan memasang plang larangan itu diharapkan dapat mencegah niat para penambang untuk tidak melaksanakan kegiatan penambangan baik di Tombang maupun di daerah lain.


Ia menegaskan tidak akan mentolerir para penambang yang mencoba mengambil sumber daya alam berupa emas yang dilakukan secara ilegal.


"Kami berharap ada kerja sama masyarakat agar melaporkan dan memberikan informasi terkait penambang emas tanpa izin agar dilakukan tindakan cepat," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut Polsek Talamau mendatangi daerah tombang yang di sinyalir manjadi lokasi penambangan emas tanpa izin.

"Kita telah melaksanakan penyisiran lokasi yang di duga tempat penambangan emas tanpa izin, Namun tidak di temukan adanya aktifitas penambangan yang tengah beroperasi namun di beberapa titik adanya di temukan lokasi yang di duga pernah di jadikan lokasi penambangan emas tanpa izin namun telah di tinggalkan oleh para penambang," jelas AKP. JUNAIDI

"Adapun tindakan prefentif di lokasi yang di duga tempat penambangan emas dengan memasang plang plet di beberapa titik yang telah di tinggalkan para penambang," sanbung Junaidi.

"Dengan kegiatan penutupan PETI tersebut di prediksi memberikan suatu efek bagi para pelaku yang akan melaksanakan kegiatan penambangan di lokasi itu kambali, sehingga dengan hal n itu nantinya tidak akan melaksanakan kegiatan penambangan kembali di lokasi tesebut," harapnya 

Pada pukul 16.00 Wib Kapolsek Talamau beserta anggota telah selesai melaksanakan kegiatan dan kembali ke mako Polsek Talamau.

Selama kegiatan berlangsung hingga berakhir situasi dalam keadaan aman dan terkendali.


(Dodi Ifanda)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre