Breaking News

 


Kades Kampung Baru Jalnibus Sukses Gelar Dialog Adat Penguatan Soko dan Pusako Dibingkai Dengan Silaturahmi


Sijunjung Figurnews.com

Pemerintah Desa Kampung Baru bekerjasama dengan Ninik mamak setempat selenggarakan "Dialog Adat dengan tema Penguatan Soko dan Pusako dibingkai dengan Silaturahmi" dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan, di Los Pasar Kampung Baru, Kamis (2/9) malam

Dihadiri Hasmizon SE,M.Si ketua KAN Padang Sibusuk, Wali Nagari Batu Manjulur BPK Ir.April Muhamad,M.Si, Kasat Binmas Polres Sijunjung. Peserta Ninik Mamak 32 orang, Bundo Kanduang 20 orang, pemuda 20 orang, perantau 5 orang, undangan 10 orang.

Dialog yang berlangsung dari pukul 20.00 sampai 23.30 wib tersebut,  bertujuan untuk mewujudkan Desa Kampung Baru yang Empati, Maju, Amanah dan Sejahtera (EMAS) sesuai dengan visi yang diusung Kades Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM dalam masa kampanye Pilkades lalu.

Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan dalam amanatnya sebelum membuka secara resmi mengapresiasi kegiatan "Dialog Adat" yang dilaksanakan masyarakat Desa Kampung Baru ini.

Lebih lanjut Bambang Surya Irwan mengajak semua pihak termasuk generasi muda " Mari lestari adat, budaya ini, dimana adat dipakai akan jadi baru, sedangkan pakaian dipakai akan jadi usang," jelas Bambang.


Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH., S.I.K., MH., diwakili Kasat Bimas Polres Iptu.H.Syafril, S.Pd mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga dan meningkatkan keamanan berbasis ronda malam, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman dalam lingkungannya.


Berikutnya, pihak Kapolres Sijunjung tidak bosan bosannya menyampaikan agar masyarakat selalu membudayakan protokol kesehatan, sehingga terjauh dari serangan covid-19.



Dalam Sambutannya, Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM,  mengatakan, kegiatan dialog silaturahmi tersebut, diikuti 87 orang terdiri dari Ninik mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda dan Bundo Kandung Desa Kampung Baru dan  bertindak selaku Nara Sumber J.Datuk Alang Bangkeh dari Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus.


Dikatakannya, selain Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan, juga hadir Wakil Ketua DPRD Ustadz Syofyan Hendri, S.Pdi., Kapolres Sijunjung diwakili Kasat Binmas Polres Sijunjung, Iptu H.Syafril, S.Pd., Kapolsek IV Nagari, Iptu  Yusmedi,SH dan Anggota,  Sekcam Kupitan,  Arizal, Wali Nagari Batu Manjulur, Ir.April Muhammad, M.Si., Ketua KAN Padang Sibusuk, H.Hasmizon, SE.M.Si.,  dan Ketua KAN Baru Manjulur, Ketua Lembaga Ninik Mamak Desa Kampung Baru, Zulkifli Usrah Monti Nan Kodo Bajuang.

Untuk menyemarakkan kegiatan Dialog Adat tersebut, juga ditampilkan 2 group Kasidah Rebana dari Mushala An Nur Dusun Koto Lamo dan Group Kasidah Rebana Mushala Mujahidin Dusun Koto Panjang.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM menyampaikan saat ini  kerinduan dan keinginan Anak Cucu dan Kemenakan dari Ninik Mamak Desa Kampung Baru untuk kembali melaksanakan adat istiadat cukup tinggi.

"Mereka lah yang  mendorong adanya kegiatan pelestarian adat dan budaya yang muncul melalui suku suku yang ada, meraka juga yang  membantu pelaksanaan wirid adat rutin sekali sebulan dan seluruh biaya yang timbul mereka pula ikut  memberi kontribusinya," ungkap Jalnibus

Kedepannya juga digelar dialog interaktif bersama perantau yang dikemas Coffe morning di Lapau dan secara juga secara virtual setiap hari Sabtu jam 8 pagi sampai selesai.

"Biayanya dari para perantau, sementara peserta kopi morning pemerintah Desa, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh masyarakat, Pemuda, Perantau dan Bundo Kanduang.Semoga berkesinambungan sepanjang tahun ini," kata Kades Kampung Baru mengakhiri.

(Dodi Ifanda Rang Talu)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre