Breaking News

 


Home Industri Bidai Oki Tembus Pasar Pulau Jawa


Oki,Figurnews.Com--
Kabupaten Ogan Komering Ilir kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia terdapat banyak potensi lahan sawit di oki salah satu tahapan perawatan lahan sawit adalah memotong pelepahnya, ditangan masyarakat oki .

sampah pelepah mampu diubah menjadi pundi-pundi rupiah, Pelepah sawit diolah menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis.

Kerajinan bidai (tirai) dan sapu lidi menjadi sumber mata pencaharian masyarakat khususnya didesa rantau durian, proses pengolahan dimulai dari pengumpulan bahan baku dilahan sawit, pelepah sawit dipotong menjadi berapa bagian tipis.

 Selanjutnya pelepah dijemur hingga kering dan dipotong lagi menjadi bagian yang lebih kecil. 

Sekitar 70% masyarakat didesa rantau durian indah menekuni kerajinan bidai ini, bagian-bagian yang sudah terpotong kecil ini dianyam menggunakan alat tradisional menjadi bidai/tirai yang berfungsi menahan panas dan memiliki nilai estetika

Daun pelepah sawit juga dapat diolah menjadi sapu lidi.Proses pembuatan memasuki tahap quality control agar dapat diterima dipasaran. 

Kerajinan bidai oki mampu menembus pasar dipulau Jawa bahkan Bali, dan memiliki pelanggan tersendiri terbukti dengan banyaknya permintaan dari pulau tersebut.

PEMKAB OKI berusaha semaksimal mungkin agar produk lokal kabupaten Ogan Komering Ilir dapat diterima dan disukai masyarakat nasional bahkan global, dalam waktu dekat diskoperin akan menggelar pelatihan untuk peningkatan kualitas produk .

Dan pemasaran agar hasil yang didapat pelaku UMKM semakin optimal sehingga masyarakat semakin sejahtera, menuju OKI Mandira (mandiri dan sejahtera) berlandaskan iman dan taqwa.( M tahan )

Editor ;Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre