Breaking News

 


Hemat Biaya : Peternak Kota Solok Kembangkan Pakan Silase Komplit


Solok Kota ,Figur news .com -

“Guna mendapatkan pakan ternak sapi dan kambing yang praktis dan berbiaya murah, sejumlah kelompok peternak di Kota Solok mengembangkan pakan silase komplit,” demikian diungkapkan Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM saat meninjau langsung ke lokasi pembuatan pada Kamis (30/09/2021) di Gawan kelurahan Tanah Garam.

Adapun bahan yang digunakan cukup terjangkau, diantaranya adalah jerami jagung, jerami padi, rumput liar, kulit ubi Kayu dan juga probiotik yang dibuat sendiri. Silase hijauan ini bisa tahan sampai setahun.

Pakan ternak ini bukan hanya bisa dimanfatkan oleh anggota kelompoknya sendiri namun juga bisa dikomersilkan kepada petani ternak lainnya yang ingin beternak praktis tanpa menyita waktu dan tenaga yang berlebihan dengan cukup membeli pakan ternak sudah jadi hasil pengolahan pakan silase komplit ini.

Dalam kesempatan tersebut Wawako Ramadhani turut mencoba langsung proses pembuatan silase komplit yang diawali dengan pemotongan jerami dengan mesin pemotong. Karna mesin pemotong yang digunakan masih ala kadarnya, ini mesin yang saya hibahkan ke kelompok peternak yang telah mengantarkan saya jadi sarjana.

“Karena melihat mesin yang digunakan masih ala kadarnya, Kami nantinya akan fasilitasi dengan mesin yang lebih baik dan berteknologi maju, sehingga hasil yang dicapai lebih maksimal. Dan akan membantu banyak peternak kita di Kota Solok untuk menekan biaya produksi,” ungkap Wawako.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre