Breaking News

 


Gubernur Mahyeldi Tanam Bakau, Bupati Hamsuardi: Saya Ingin Tahun Depan Jalan ke Maligi Sudah Bagus

Pasaman Barat, Figurnews-- Gubernur Sumatera Barat H.Mahyeldi Ansorullah melakukan penanaman 8.400 bibit pohon bakau (mangrove) dan cemara di pantai Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat, Rabu (1/9/2021).

"Fungsi penanaman ini guna mereduksi tekanan air, sehingga pantai terbebas dari abrasi, " kata Gubernur Mahyeldi saat melakukan kunjungan kerja ke nagari persiapan Maligi.

Kunjugan Gubernur ke Maligi itu, didampingi sejumlah OPD Pemprov Sumbar, Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi, Wabup Risnawanto, Sekda Hendra Putra, Forkopimda, dan OPD Pemkab Pasaman Barat, diantaranya Kadis PUPR Jon Edwar, Kadis Kominfo Edy Murdani, Kadis Perikan Arial Efendi, Plt Kalaksa BPBD Gustrizal.

Hadir juga dalam kesempatan itu, anggota DPRD Sumbar Zulkenedi Said, Syawal, dan Suharjono.  

Menurut Gubernur selain mereduksi tekanan air, fungsi penanaman juga  bisa memajukan objek wisata dan bernilai ekonomi bagi masyatakat setempat. 

"Saya minta masyarakat tolong jaga dan pelihara mangrove yang kita tanam, sehingga bermanfaat untuk masyarakat untuk jangka panjang," katanya.

Selain itu, gubernur menyebutkan,  bahwa saat ini Sumbar mencanangkan  'Satu Juta Menanam  Batang Kelapa', mengingat potensi kelapa di Sumbar cukup besar dan bernilai ekonomis tinggi. 

"Semua nagari di Sumbar saat ini kita dorong menanam pohon kelapa, karena semua unsur dari kelapa berguna, mulai dari isi, tempurung, batang dan daun serta lidinya bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat," kata gubernur.

Gubernur menyampaikan bahwa untuk membantu nelayan juga akan memasang rumpon di pantai Maligi sebanyak 100 rumpon.

"Dengan ada rumpon tentu habitat ikan akan lebih banyak berkembang bertelur dan berkumpul  disana dan memudahkan nelayan untuk mendapatkan ikan lebih banyak, bisa memancing ikan disana," sebut gubernur.

Soal pembangunan jalan dan jembatan, Gubernur Mahyeldi mempersilahkan berkoordinasi dengan Kadis PUPR dan Dinas PUPR Pasaman Barat dan instansi terkait.


Pj Walinagari Maligi Dendi Hardiman dihadapan Gubernur dan bupati menyampaikan aspirasi bahwa jembatan dan jalan menuju Maligi sangat memprihatinkan. 

"Kami ingin pak gubernur membangun  jembatan dan jalan ke kampung kami. Kalau jalan bagus tentu ekonomi masyarakat bisa meningkat, nelayan dan petani akan lebih dekat ke pusat kabupaten," kata Dendi.

Menurut Dendi diwilayahnya serba berkekurangan, baik sektor pendidikan, Pustu, maupun jalan dan jembatan, termasuk alat tangkap nelayan yang minim sekali. 

"Kami berharap pak gubernur bisa dibangun Puskesmas atau Pustu di sini, untuk berobat ke Simpang Empat cukup jauh, membutuhkan waktu yang lama, " katanya.

Menanggapi permintaan Pj Walinagari tersebut, Bupati Hamsuardi memberikan perhatian khusus kepada nagari Maligi. 

"Saya ingin tahun depan jalan ke Maligi sudah bagus," kata bupati.

Bupati menyebut bahwa tahun besok akan dibangun jembatan Suak Duo Maligi sebesar Rp500 juta, dan ditambah Rp200 juta lagi.

Bupati tak ingin dana untuk pembangunan jalan atau jembatan  diselewengkan. 

"Saya minta kepada walinagari kalau niat kita membangun jalan  agar dikerjakan dengan baik, jangan dibelokkan uangnya kepada yang lain, sehingga manfaatnya betul berguna untuk masyarakat," kata bupati. 

(DODI IFANDA)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre