Breaking News

 


Gandeng Dinas PMPTSP-Naker Agam, BPJS Kesehatan Optimalkan Pengawasan Kepatuhan Badan Usaha

 


Agam, Figurnews.com – Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (PMPTSP-Naker) Kabupaten Agam melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi pada Selasa (07/09) di Tanjung Raya, Kabupaten Agam. P

ini dilakukan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Henny Nursanti bersama Kepala Dinas PMPTSP-Naker Kabupaten Agam Retmiwati.


“Kerjasama ini memiliki tujuan untuk memperluas cakupan kepesertaan Program JKN-KIS di Kabupaten Agam karna hingga Agustus 2021 dari 532 ribuan jiwa penduduk Kabupaten Agam baru 442 ribuan penduduk yang telah menjadi peserta JKN-KIS atau sekitar 82,98% dan masih terdapat sekitar 90 ribuan penduduk yang belum menjadi peserta. Serta kerjasama ini juga merupakan upaya BPJS Kesehatan mengoptimalkan penegakan dan pengawasan terhadap kepatuhan badan usaha yang berada di Kabupaten Agam,” ujar Henny.


Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi dengan Dinas PMPTSP-Naker Kabupaten Agam meliputi peningkatan perluasan kepesertaan Program JKN kepada Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kesadaran dan kepatuhan bagi Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara untuk memenuhi kewajibannya dan penegakan hukum serta penyelesaian permasalahan ketidakpatuhan Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara.


Lebih lanjut Henny mengungkapkan, hingga 1 September 2021 jumlah badan usaha atau pemberi kerja yang telah terdaftar dalam Program JKN-KIS di Kabupaten Agam sebanyak 181 dengan jumlah pekerja 5.821 dan anggota keluarga sebanyak 9.853 sehingga total peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU) sebanyak 15.674 jiwa.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMPTSP-Naker Kabupaten Agam, Retmiwati menuturkan bahwa pihaknya akan mendukung semaksimal mungkin agar Program JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal di wilayah Kabupaten Agam.


“Kerjasama ini akan menjadi dasar bagi kami dan BPJS untuk bersinergi melakukan pengawasan dan pemeriksaan bersama terhadap kepatuhan pemberi kerja atau perusahaan di wilayah (Kabupaten) Agam. Kita harapkan perusahaan-perusahaan menjadi patuh dalam mendaftarkan dirinya dan pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS serta melaksanakan kewajibannya,” tutur Retmiwati.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre