Breaking News

FGD Geopark Ranah Minang, Danau Singkarak Menuju Geopark Nasional

Tanah Datar, Figurnews.com

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, Geopark di Sumatera Barat tersebar di beberapa kabupaten dan kota diantaranya Ngarai Sianok, Kawasan Harau, Danau Maninjau, Tarusan Kamang, Ngalau Pangian Lintau Buo, Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah, Kawasan Silokek, Tambang Batu Bara Sawah Lunto, Goa Batu Kapa, Gunuang Talamau, Rimbo Panti dan masih banyak lagi lainnya. 

Hal itu disampaikannya ketika membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Geopark Ranah Minang Menuju Unesco Global Geopark, dengan tema “The Great Sumatran Fault", Kamis (23/09/2021) di Ballroom Hotel Mercure Padang. 

“Banyak potensi terkait geopark yang dimiliki Sumatera Barat, sekarang bagaimana upaya kita potensi itu bisa terdata, kita turunkan komunitas-komunitas pencinta alam, mahasiswa untuk mendata potensi itu di seluruh wilayah Sumatera Barat,” ucapnya. 

Dikatakan gubernur jika kawasan geopark dikelola dengan baik, tentu akan menjadi daya tarik wisata yang unik dan menarik bagi banyak wisatawan, dan keunikannya itulah yang menjadi daya tarik. Gubernur berharap ini juga didukung oleh infrastruktur, sarana dan prasarana seperti akses menuju objek. 

FGD yang dilaksanakan satu hari dan difasilitasi Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian didampingi Kadis Pariwisata Tanah Datar Abdul Hakim. 

Dikatakan Richi Aprian didampingi Abdul Hakim jika Tanah Datar punya banyak potensi geosite ini seperti breksi pulimik di Belakang Istano Basa Pagaruyung, Bukit Aua Sarumpun, Endapan Danau Singkarak Purba, Komplek Kipas Aluvial Danau Singkarak, Jendela Batu Gamping Kuantan Singkarak dan Goa Sopan Kijang Pangian. 

“Dengan adanya FGD ini dan diusulkannya Danau Singkarak menuju Geopark Nasional yang tergabung dalam Geopark Ranah Minang yang dikoordinir Pemprov. Sumbar tentu ini juga akan mempermudah nantinya dalam pengusulan Danau Singkarak menuju Geopark Dunia ke Unesco,” ucap Wabup. 

Sementara dalam materi disampaikan konsep geopark itu meliputi partisipasi masyarakat, parlunya amenitas, infrastruktur, data ilmiah, sistem informasi, dukungan pemda, swasta, Perguruan Tinggi, badan pengelola dan branding UGGp. (SUTAN/Prokopim)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre