Breaking News

 


Dikunjungi Dua Legislator - Kadisdik Sumbar, SMKN 1 Pasbar Perkenalkan Mitra DuDi Perhotelan



Pasaman Barat, Figurnews.com- Dua legislator DPRD Sumatera Barat yakni Khairuddin Simanjuntak (Gerindra) dan Donizar (PKB) bersama Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar, Adib Alfikri ,SE. MSi mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pasaman Barat di Padang Tujuah Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman, Sabtu (4/9) sore.

Edi meyakini lulusan SMKN 1 Pasbar kini lebih kompetitif. Menurutnya dunia pendidikan vokasi semakin baik karena mendapat perhatian besar dari pemerintah sejak 3-4 tahun terakhir.

“Terlebih, selama masa studi siswa dibekali bermacam kompetensi,baik teori pelajaran umum dan Pelajaran keterampilan, maupun praktik sehingga siap memasuki dunia kerja,” kata Edi saat membuka sosialisasi dan koordinasi Pengembangan SMK Pusat Keunggulan (PK) Tahun 2021 yang di hadiri juga dosen Universitas Negeri Padang, HRD Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Desi Azulmi,SPd, M.Par. Koordinator Pengawas (Korwas) SLTA Kabupaten Pasbar, Khaidir.

Lebih lanjut Edi mengatakan, walaupun ditengah sempitnya lowongan kerja bagi angkatan kerja muda apalagi di masa pandemi saat ini, Edi tetap optimis lulusan SMK berpeluang diterima kerja di DUDI  semakin besar. Hal ini disebabkan adanya ‘pernikahan' yang semakin memperkuat kemitraan antara pendidikan vokasi (SMK) dengan DUDI.

“Kami akan banyak berinteraksi dengan pelaku industri seperti perhotelan seperti kemarin Hotel Axana, sekarang kita kerjasama juga pihak Hotel Grand Rocky Bukittinggi dan UNP untuk mengenalkan potensi-potensi dan saling kerjasama tempat prakerin siswa-siswi. Sehingga pelaku usaha atau bisnis industri (Dudi) percaya akan lulusan SMKN 1 Pasbar nantinya bisa siap bekerja” ungkap Edi.


Sementara anggota DPRD Sumbar, Khairuddin Simanjuntak mengapresiasi SMKN 1 Pasbar terus berinovasi baik pembangunan lebih penting peningkatan kompetensi guru untuk mencurahkan ilmu kepada pelajar.

Menurut legislator asal Panti ini. Lembaga pendidikan SMKN  dan Sekolah kejuruan  Swasta di Pasbar terus jalin MoU yang jelas dengan mitra Dudi. Sebab kata dia para siswa ini sedang mengikuti kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.

Ia juga berharap, Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar juga terus memberikan peluang  pelatihan peningkatan kompetensi kepada para guru SMKN 1 Pasbar serta kepala sekolah begitu juga SLTA SMK negeri dan swasta.

"Intinya pelatihan tersebut melibatkan profesional dari pihak DUDI. Melalui program upskilling dan reskilling berstandar industri," ungkap Khairuddin Simanjuntak.

Ia berjanji dari Komisi V DPDR Sumbar akan selalu mendukung seluruh langkah - langkah yang bakal diambil oleh Dinas bermotto Tut Wuri Handayani itu.


 Selain itu ia juga berharap para guru untuk selalu berinovasi dalam mengupdate dan upgradep perkembangan pembelajaran terhadap siswa di zaman uang penuh dengan teknologi saat ini.

"Dipundak guru harapan bangsa ini, tanpa pendidikan tidak akan maju. Peran guru sangat besar dalam membangun negara ini," kata Khairuddin Simanjuntak yang akrab disapa Bang Juntak ini.

Ditempat yang sama Anggota DPRD Propinsi Sumbar, Donizar berkeyakinan dunia pendidikan terus mengalami perubahan yang baik di Sumbar. Untuk itu dengan kehadiran mereka ia berharap bisa memberikan support dalam dunia pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.

Donizar meminta agar jangan nanti nya siswa tamatan SMK hanya melahirkan generasi penerus tanpa bisa melanjutkan karir tanpa tujuan. Untuk itu ia berharap agar ini bisa menjadi bahan pikiran bersama

"Kita harus memikirkan output nya kedepan dan kurikulum kedepan bisa bermanfaat untuk anak-anak SMK. Untuk itu bagaimana kedepannya bisa meletakkan pada tempat nya dalam dunia industri sehingga bisa tercapai," pintanya.

"Jangan SMK ini disebut sebut hanya menciptakan pengangguran, untuk itu bagaimana kita bisa mencetak anak-anak ini bisa menjadi terarah yang selalu terdengar dalam webinar - webinar pendidikan," sambungnya.

Ia juga berharap kedepannya Kabupaten Pasaman Barat bisa sama dengan Kabupaten Pasaman dalam hal pendidikan gratis yang saat ini akan di mulai pada tahun 2022 mendatang.

"Di Kabupaten Pasaman di tahun 2022 telah dipersiapkan menuju pendidikan gratis, untuk itu saya berharap Kabupaten Pasaman Barat juga bakal menyusul," harapnya.

Program pendidikan gratis sangat membantu dan meringankan beban orang tua sehingga tujuan pendidikan tahap selanjutnya bisa tercapai bagi para generasi penerus bangsa.

"Kita akan melanjutkan dan terus memperjuangkan dan berharap bisa anak-anak kita terserap dalam dunia kerja kedepannya," tutur politisi PKB itu.


Sementara itu Kepala Dinas pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri mengatakan jika sekolah - sekolah kejuruan ingin bagus, para guru harus selalu update dan upgrade. Selain itu guru harus jadi role model (teladan) atau jadi contoh bagi anak didik, sehingga pendidikan tidak majemuk dan membosankan.

"Jadi para guru harus berpikir bagaimana anak didik nya kedepan bisa langsung bekerja. Kita ingin serapan lulusan SMK dalam dunia usaha atau dunia industri lebih besar persentase nya," katanya.

Namun ia menyadari untuk menuju hal demikian tidak bisa berdiri sendiri untuk memajukan pendidikan tanpa bantuan para wakil rakyat. Misal, dalam pembangunan gedung tentu karena ada program - program yang disumbangkan.

"Kolaborasi antara eksekutif dan legislatif sangat penting," ungkap Adib dihadapan dua orang anggota DPRD Sumbar asal pemilihan dapil IV Sumbar Kabupaten Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre