Breaking News

 


Bupati Cek Endra Berikan Bantuan Pertanian Masyarakat Terdampak Covid 19


SAROLANGUN(Jambi), Figurnews.com

Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra memberikan bantuan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani di daerah terdampak Covid 19, bantuan APBD dengan dana covid Kabupaten Sarolangun dan bantuan Alsintan melalui dana APBN Pusat pada Dinas TPHP Kabupaten Sarolangun, Rabu 23 September 2021.

Tiba di lokasi pemberian bantuan, yaitu di Kelompok Tani Selang Rengas, Pulau Pinang Kelurahan Sarkam kecamatan Sarolangun, Bupati Cek Endra langsung melihat tempat pengeringan padi yang merupakan lantai jemur moderen (Driyer UV) yang mampu mengeringkan 2 ton gabah kering per hari dan selanjutnya memberikan bantuan secara simbolis.

Penyerahan secara simbolis bantuan covid 19 untuk peningkatan ekonomi petani daerah terdampak berupa alat mesin pertanian kepada kelompok tani (Poktan) /UPJA /Gapoktan bantuan APBD Kabupaten Sarolangun dan bantuan Alsintan melalui dana APBN Pusat pada Dinas TPHP Kabupaten Sarolangun.

Bantuan tersebut adalah 1 unit Pompa air 3 inch dari bantuan APBD dana covid 19, diberikan kepada Poktan Selang Rengas Pulau Pinang Kelurahan Sarkam Kecamatan Sarolangun, bantuan diterima langsung oleh Herman, ketua Poktan Selang Rengas.

Bantuan lainnya adalah 7 gulung, Selang /Gangbang panjang 50 meter per gulung (bantuan APBD covid 19) dan 25 unit Handsprayer elektrik (bantuan APBD covid 19).

Selanjutnya bantuan dari dana APBN Pusat yaitu 4 unit Cultivator dan 4 Handtraktor (Pokir) yang diberikan kepada Poktan Jaya Tampi Desa Sei Keradak Kecamatan Batang Asai.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Cek Endra didampingi Wabup Hillalatil Badri, Sakwan Kadis TPHP, Asisten II Dedi Hendri dan pejabat lainnya mengucapkan selamat kepada para petani yang menerima bantuan.

“Selamat kepada kelompok tani yang telah menerima bantuan covid dan dana aspirasi, mudah mudahan bermanfaat. Ini adalah pemicu agar kelompok tani semangat menuju petani mandiri, tolong rawat alat-alat ini dan kelola dengan baik,” kata Bupati Cek Endra.

Lanjut Bupati, dalam masa pandemi covid 19, bagaimana kondisi ekonomi masyarakat banyak yang terpuruk, pemerintah hadir membantu ekonomi masyarakat.

“Ini adalah bantuan kita kepada kelompok tani dalam masa pandemi covid 19, bagaimana kondisi ekonomi masyarakat banyak yang terpuruk, maka kita bantu ekonominya dengan bantuan alat-alat dan mesin pertanian, semoga bermanfaat,” ucap Bupati.

Bupati mengapresiasi kelompok tani Selang Rengas, yang mana Poktan ini sudah memiliki lantai jemur berskala modern yaitu Dryer UV yang mampu mengeringkan gabah dua ton per hari dan sudah memproduksi beras dengan kemasan khusus bermerek Sarolangun.

Bupati mengatakan, melalui Dinas TPHP akan memprogramkan

bentuk-bentuk pertanian berskala moderen, dan dikembangkan di kecamatan lain untuk meningkatkan produksi beras.

“Kita, melalui dinas TPHP akan mengembangkan pemakaian alat lantai jemur berskala moderen di kecamatan lain untuk meningkatkan produksi beras,” jelas Bupati Cek Endra.

Bupati menghimbau masyarakat agar memanfaatkan lahan pertanian, khususnya sawah yang sudah tergarap maupun pembukaan sawah baru dan gunakan lahan sesuai potensinya.

“Manfaatkan lahan sawah kita, baik yang sudah tergarap atau pembukaan sawah baru, tidak boleh lahan sawah dijadikan kebun sawit, lahan harus sesuai dengan potensinya, kalau petani sawah semangat Insyaa Allah swasembada pangan tercapai,” pungkas Bupati. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre