Breaking News

 


Bundo Yeni Angraini PJ Walnag Persiapan Pujorahayu Sambangi Pembibitan Talas Sente


Pasaman Barat, Figurnews.com--

Semboyan tiada hari tanpa inovasi dalam menngdongkrak ekonomi masyarakat,Yeni Anggraini, SE Pj wali nagari persiapan Pujorahayu sambangi pembibitan talas sente di Gapoktan Albasiko. I Bunuik, guna menggali potensi ekonomi masyarakat, minggu 5/9 di kejorongan Bunuik Nagari Kinali Kecamatan Kinali kabupaten Pasaman Barat. 


Dalam kunjungan itu Yeni Anggraini menuturkan bahwa, pada saat ini kita selalu pejabat maupun masyarakat harus saling sinergi dalam membangun ekonomi kerakyatan, apa laui saat ini dimasa pandemik tugasnya. 


Jadi ia mengunjungi pembibitan talas sente di Gapoktan Albasiko. I ini dalam rangka menggali potensi dibidang pertanian, khusus nya  pengembangan budidaya talas sente. 

Dimana talas sente secara budidaya sangat mudah di kembangkan di bumi pasaman barat ini. 


Lebih tertarik lagi bahwa talas jenis sente itu bisa kita tanam di pelarangan sebagai sumber tambahan ekonomi keluarga. 


Untuk itu kita coba jajaki baik secara budidaya maupun pasarnya, dan jika telah jelas tidak menutup kemungkinan budidaya talas sente, salah satu kegunaanya  adalah sebagai bahan tembakau . 


Sementara itu syamsuri selaku pembudidaya talas sente di Gapoktan Albasiko. I Bunuik mengatakan bahwa talas sente ini masih sangat langka yang membudidayakan, dan kita maklum, sebab secara pasa masih belum terbuka, khusus nya pasaman barat, bahkan mungkin sumbar, tandas syamsuri. 

Sedangkan kalau saya kita mau belajar di kabupaten kota lain, ternyata daun sente  punya pasar ekspor ke beberapa negara, seperti Australia, Timur Tengah dan Eropa, dan permintaan sangat tinggi, tegas syamsuri

Untuk itu saya sangat memberikan apresiasi kepada ibuk PJ wali nagari persiapan Pujorahayu Yeni Anggraini, punya ke inginan yang kuat dalam membangun ekonomi kerakyatan, yang menyempatkan diri belajar langsung di pembibitan Gapoktan Albasiko. I tentang budidaya dan juga pangsa pasar. 


Jadi kita berharap kepada pihak pemerintah yang terkait dengan pertanian, agar bisa kiranya memberikan bimbingan nya, sehingga masyarakat benar paham dengan produk apa yang memiliki nilai ekonomi secara global, bukan lokal saja, harap nya. (Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre