Breaking News

 


Antisipasi Banjir : BPBD dan Warga Aro IV Korong Bersihkan Batang Lembang


Solok Kota,Figur news .com -

Dalam rangka mengantisipasi banjir, puluhan masyarakat dan organisasi di Kelurahan Aro IV Korong antara lain RT, RW, Linmas, LPMK, unsur pemuda, serta dibantu oleh BPBD Kota Solok melakukan Gotong Royong (Goro) pada Rabu (22/09/2021) di Aro IV Korong.

Saat melakukan peninjauan gerakan kegiatan sosial Goro tersebut, Ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma, SH tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat dan Lurah Aro IV Korong beserta jajaran yang dapat hadir dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan tersebut Hj. Nurnisma mengingatkan agar terus membiasakan gotong royong, sebab gotong royong dapat diartikan sebagai bentuk partisipasi aktif individu untuk ikut memberi nilai positif pada orang-orang di sekelilingnya.

“Partisipasi aktif dapat berupa materi, keuangan, tenaga fisik, keterampilan, bahkan berdoa. Melalui kegiatan gotong royong tentunya dapat meringankan beban pekerjaan, menumbuhkan sikap sukarela antara masyarakat, membina hubungan yang baik dengan warga dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan lingkungan,” paparnya.

Kegiatan Goro ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin, terlebih gotong royong adalah kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur kita. Kegiatan goro yang dilaksanakan penting untuk dilakukan, hal ini sebagai upaya antisipasi pencegahan supaya tidak terjadi banjir dan sebagainya,” harap Nurnisma.

Sementara itu Lurah Aro IV Korong, Sriyanur Nuras menyampaikan bahwa, “kegiatan Goro ini merupakan kegiatan pembersihan sungai Batang Lembang yang melintasi kelurahan Aro IV Korong.

Karena sering mengalami bencana banjir jika curah hujan tinggi, banyak sampah yang menumpuk. Dengan semangat mewujudkan satu hati, kebersamaan semua organisasi melakukan pembersihan aliran Batang Lembang”.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat mengurangi resiko banjir dan kita harus selalu siaga untuk menjaga sungai, terutama dari kebersihan sampah maupun pohon kayu tumbang agar tidak memperlambat aliran air. Selama tahun 2021 ini, terjadi bencana banjir sebanyak satu kali yang juga merendam sebahagian rumah penduduk disepanjang aliran sungai Batang Lembang pada tanggal 12 Januari 2021 lalu.

“Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun banjir sempat merendam beberapa kelurahan lain yang dialiri Sungai batang lembang. Mudah – mudahan musibah yang diakibatkan meluapnya air sungai tidak terjadi lagi. Dengan adanya kegiatan gotong royong membersihkan aliran sungai, tidak lagi menghambat arus sungai Batang Lembang,” harapnya. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre