Breaking News

Anggota Forum Kepatuhan Agam Sepakat Tindak Badan Usaha Tidak Patuh Program JKN


Agam,  Figurnews.com– Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi melalui Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Agam Masri Bakri dalam sambutannya mengharapkan dukungan Kejaksaan, Dinas PMPTSP-Naker dan Wasnaker dalam pelaksanaan pemeriksaan terpadu terhadap ketidakpatuhan badan usaha di wilayah Kabupaten Agam. Hal itu disampaikan Masri saat pelaksanaan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tahap II Tahun 2021 Kabupaten Agam pada Selasa (21/09) di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Agam.

“Kami mengharapkan dukungan dari Kejaksaan dalam bentuk pendampingan dan SKK terhadap badan usaha tidak patuh melakukan pembayaran iuran, penyampaian data dan pendaftaran. Selain itu kami juga berharap adanya tindaklanjut usulan ataupun rekomendasi ketidakpatuhan badan usaha yang telah kami ajukan kepada Dinas PMPTSP-Naker dan Wasnaker,” ungkap Masri dihadapan Kepala Kejaksaan Negeri Agam beserta jajaran, serta Kepala Dinas PMPTSP-Naker beserta jajaran, beserta Pengawas Tenaga Kerja wilayah kerja Agam.

Lebih lanjut Masri berharap pada akhir tahun ini para anggota forum ini dapat mengoptimalisasikan peran masing-masing untuk menegakkan kepatuhan terhadap badan usaha yang masih tidak patuh terhadap penyelanggaran Program JKN-KIS.

“Kami juga membutuhkan dukungan dalam hal implementasi sanksi tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu bagi pemberi kerja yang tidak patuh sesuai regulasi yang berlaku. Dan juga perlu dilakukan pemanggilan terhadap badan usaha tidak patuh oleh instansi terkait.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Agam Rio Rizal menegaskan jika pihaknya siap membantu BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha di Kabupaten Agam dalam bentuk SKK ataupun pendampingan pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan badan usaha.

“Dengan adanya forum ini kita dapat mencari pemecahan masalah. Terkait badan usaha yang belum melakukan pendaftaran badan usaha dan pekerjanya ke BPJS kesehatan, kita akan lakukan secara persuasif dengan turun bersama dan menyosialisasikan kepada badan usaha terkait kewajibannya untuk mendaftarkan seluruh pekerja ke BPJS Kesehatan,” tutur Rio kepada peserta Forum.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMPTSP-Naker Kabupaten Agam Retmiwati juga menyampaikan untuk badan usaha seperti Pertamini sangat jarang patuh melaporkan perijinannya kepada pihaknya.

“Yang bersangkutan baru melapor setelah beroperasional dan setelah tim pengawas turun ke lapangan melakukan pemeriksaan,” jelas Retmiwati.

Lebih lanjut, Retmiwati mengatakan kehadiran aplikasi Online Single Submission (OSS) sangat mempermudah pengusaha untuk melakukan pengurusan Nomor Induk Berusaha Perijinan dan menurutnya hal tersebut juga menjadi kendala bagi pihaknya dalam hal melakukan pengawasan.

“Dinas PMPTSP-Naker saat ini hanya dapat melakukan pengawasan dan pemeriksaan setelah badan usaha terdaftar di aplikasi OSS, dari data OSS barulah bidang terkait melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap badan usaha tersebut,” lanjut Retmiwati.

Menurutnya, pengurusan izin dilakukan hanya sekali selama badan usaha tersebut beroperasional, sehingga pihaknya sulit untuk memberikan sanksi administratif kepada badan usaha tersebut.

“Kami siap memberikan data terbaru badan usaha potensial di Kabupatan Agam untuk disandingkan dengan data badan usaha potensial di BPJS Kesehatan. Selain itu, untuk badan usaha yang tidak patuh agar pihak BPJS Kesehatan bersurat kembali dan melampirkan berkas serta dokumen pendukung terhadap badan usaha tidak patuh,” ujar Kadis PMPTSP-Naker Kabupaten Agam tersebut.

Sementara itu, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Agam Franky Manurung meminta kepada pihak Dinas PMPTSP-Naker untuk segera memberikan sanksi adminstratif ke badan usaha yang tidak patuh tersebut.

“Dan untuk pihak BPJS Kesehatan agar dapat menyurati Dinas PMPTSP-Naker Agam terhadap badan usaha hasil dari pemanggilan dari SKK mediasi yang tidak patuh agar segera dilakukan penghentian pelayanan publik,” tegasnya.

(Dodi ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre