Breaking News

 


 TNI AL KERAHKAN KRI POLLUX-935 UNTUK LAKSANAKAN VAKSINASI DI LAUT BAGI NELAYAN DI PERAIRAN DAN PESISIR TELUK JAKARTA


Jakarta -figurnews.com-  23 September 2021----TNI AL terus menggelar Serbuan Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim dan pesisir di seluruh wilayah Indonesia guna turut mewujudkan target vaksinasi secara nasional yang ditetapkan pemerintah.

Setelah menggelar vaksinasi di berbagai tempat,  seperti  desa pesisir, tempat pelelangan ikan, pelabuhan-pelabuhan perikanan, maupun kawasan sentra ekonomi, kali ini TNI AL melalui Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) melaksanakan vaksinasi dengan target menjangkau para nelayan yang berada di tengah laut dan perkampungan nelayan pesisir.

Gelar kegiatan ini dilaksanakan dengan mengerahkan KRI Pollux-935 di wilayah perairan Teluk Jakarta, dimana beberapa hari sebelumnya melalui kegiatan vaksinasi ini diinformasikan kepada para nelayan melalui beberapa tokoh masyarakat di beberapa perkampungan nelayan sekitar pesisir Teluk Jakarta. Pada pelaksanaannya para nelayan yang tengah melaut, dapat merapatkan perahunya lambung kiri dan kanan ke KRI Pollux yang lego jangkar di beberapa lokasi untuk kemudian melaksanakan vaksinasi di geladak KRI Pollux – 935. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjangkau para nelayan yang harus melaut sejak dini hari sampai dengan petang dan bahkan harus beberapa hari melaut sehingga tidak memiliki peluang untuk mengikuti kegiatan vaksinasi yang dijadwalkan di perkampungan nelayan. 

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan , M.A.P yang hadir di atas KRI Pollux-935 menyampaikan bahwa serbuan vaksin di perairan Laut Jawa khususnya di Utara Teluk Jakarta, ditujukan untuk menjangkau para nelayan yang belum memiliki kesempatan untuk dapat melaksanakan vaksinasi di perkampungannya.

“Melalui kegiatan vaksinasi di laut ini, diharapkan dapat mampu menjangkau serta memberikan kesempatan kepada para nelayan yang tetap harus melaut di perairan laut Jawa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sehingga melalui kegiatan vaksinasi diatas kapal survei  Pushidrosal, KRI Pollux yang lego di Teluk Jakarta ini, mereka tetap memperoleh kesempatan untuk vaksinasi dan dapat segera melanjutkan kegiatannya menangkap ikan di laut. ” Selain itu,  kita juga memberikan tali asih berupa paket sembako kepada para nelayan yang sedang bekerja menangkap ikan serta yang sedang melaksanakan lintas pelayaran kembali menuju kampungnya setelah melaut” kata Komandan Pushidrosal.


Komandan Pushidrosal menambahkan bahwa pada kegiatan vaksinasi di laut ini, antusias para nelayan sangat tinggi untuk memperoleh kesempatan vaksinasi yang dilaksanakan diatas kapal tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya perahu nelayan yang segera merapat ke KRI Pollux-935 untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi. 

“Kami juga menghimbau kepada para nelayan agar memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi mobilitas sosial mereka dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sehingga secara tidak langsung turut menangkal penyebaran COVID-19 di lingkungan perkampungannya” tambahnya.

Pada hari yang sama, bekerjasama dengan Kelurahan Pademangan dan Polsek Pademangan bertempat di GOR Bahtera, Ancol Timur, Pushidrosal juga menggelar vaksinasi bagi masyarakat maritim di sekitar kawasan PLTU Ancol, Jakarta. Dalam dua kegiatan tersebut Pushidrosal menerjunkan 15 personel vaksinatornya, yaitu 6 tenaga medis diatas KRI Pollux-935 dan 9 tenaga medis di  PLTU Ancol. Adapun vaksin yang digunakan adalah Sinovac, baik untuk pemberian vaksin pertama maupun kedua. 

Selain vaksinasi, Pushidrosal juga menyampaikan bantuan paket sembako kepada masyarakat  nelayan terdampak pandemi COVID-19, yang juga dilaksanakan di diatas geladak KRI Pollux-935.

Penyelenggaraan kegiatan serbuan Vaksinasi oleh Pushidrosal ini,  dilaksanakan sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.  untuk terus melanjutkan penyelenggaraan serbuan vaksin untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target 70 persen penduduk tervaksinasi secara nasional.

(DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre