Breaking News

 


7 (Tujuh) Angka Bertuah. Benarkah?

 

Pincuran Tujuh di Belakang Museum Istano Pagaruyung

Oleh : HENDRI

Angka Tujuh didalam kehidupan Minangkabau bukan merupakan hal baru lagi. Dalam beberapa tulisan sering kita temui kata-kata menggunakan gambaran angka tujuh seperti 'Langgam nan Tujuah'.

Langgam Nan Tujuah' seperti dilansir dari Wikipedia menyebutkan; adalah aparat pemerintahan Pagaruyung yang berada dibawah Basa Ampek Balai dan Rajo Tigo Selo yang masing-masing mempunyai tugas tertentu.

Dalam budaya masyarakat Minangkabau, kita juga mengenal: manujuah hari, duo kali Tujuah untuk mengenang kematian seseorang dan Aqigah atau turun mandi bagi bayi dihari ketujuh.

Sementara dibeberapa nagari kita juga menemukan nama-nama  yang berhubungan dengan tujuah seperti; 

Jorong Pincuran Tujuah di Nagari Koto Laweh X Koto. Jorong Pincuran Tujuah Nagari Lubuak Gadang Selatan Kecamatan Sangir Solok Selatan. Jorong Pincuran Tujuah Nagari Batipuah Baruah. Jorong Pincuran Tujuah Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2X11 Kayu Tanam. Pincuran Tujuah Tanah Garam Solok. Pincuran Tujuah di Jorong Koto Tuo Nagari Salimpauang dan Pincuran Tujuah di Nagari Baringin Lima Kaum.

Kita juga menemukan beberapa objek wisata yang berhubungan dengan Pincuran Tujuah seperti; Objek Wisata Pamandian Pincuran Tujuah di Jorong Subarang Sulam Sijunjung. Pamandian Pincuran Tujuah Kinali Pasaman Barat. Pemandian Pincuran Tujuah Air Dingin Koto Tangah Padang. Objek Air Terjun Pincuran Tujuah Nagari Sikucua Timur Kampung Dalam Padang Pariaman. Pincuran Tujuah di Garabak Data Kecamatan Tigo Lurah Solok. Pincuran Tujuah Tingkat di IV Kurai Painan Pesisir Selatan. Pincuran Tujuah di Panorama Pincuran Angin Payo Rapuih Padang Panjang.

Tak terkecuali angka tujuh juga punya Tuah tersendiri bagi pemain sepak bola dunia, seperti: Bastian Schweinsteiger (Timnas Jerman), Franck Ribery (Bayern Munich), George Best (Manchester United), Raul Gonzales  (Real Madrid), David Beckham (Timnas Inggris), Luis Figo (Timnas Portugal dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

Dalam Islam angka tujuh juga sering kita temukan seperti penciptaan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi, tujuh tingkat surga dan tujuh tingkat neraka, Surat pertama dalam Alquran sebayak 7 ayat (Alfatihah), Tawaf mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali Putaran, Sya'i antara Shafa dan Marwa tujuh kali, melempar jumrah juga tujuh kali.

Dalam kebudayaan negara Cina, angka tujuh dipercaya sebagai angka keberuntungan. Seperti dilansir dari suara.com: Pengucapan "tujuh" dalam bahasa Cina mirip dengan pengucapan kata "bangkit" dan "hidup". Angka tujuh juga diyakini sebagai simbol kebersamaan. Oleh karena itu, angka tujuh dipandang sebagai pertanda baik dalam hubungan.

Agaknya seperti itu jugalah pincuran yang ada dibelakang Museum Istana Pagaruyung. Pincuran yang terbuat dari Batang Sampir dan juga berjumlah sebanyak 7 buah, tentu punya makna tersendiri.

Penulis sempat bertanya kepada beberapa tokoh masyarakat sekitar, kenapa Pincuran ini dibuat tujuh buah. Kenapa bukan tiga, lima atau sembilan misalnya. Dari jawaban mereka karena jumlah putri raja ada 7 orang.

Tak ada penjelasan resmi tentang Pincuran Tujuh ini, tapi setidaknya kamar yang ada dimuseum Istano Pagaruyung memberi petunjuk bahwa 9 kamar yang berada dilantai satu, tujuh diantaranya adalah kamar putri raja yang sudah bersuami.

Nah, tujuh Pincuran yang ada di belakang museum Istano Basa Pagaruyung adalah tempat mandi keluarga istana yang bernama Pincuran Tujuah.

Apakah anda setuju dengan Tuah angka tujuh. Atau apakah anda punya angka bertuah lainnya?. (**)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre