Breaking News

 


Akibat Dampak Limbah PT . Ondira , Sumur dan Sungai Tak Bisa di Manfaatkan


BANYUASIN, Figurnews.com - Warga Desa Keluang, Kecamatan Tungkal Ilir , Kabupaten Banyuasin , mengeluhkan adanya  bocornya kolam  penampungan limbah milik  PT.Odira yang  mengalir kesungai Masyarakat.

Akibatnya dampak bocornya kolam penampungan limbah milik  PT Odira  menyebabkan ikan mati dan bau tak sedap  sehingga  banyak aliran sungai, sumur  tercemar dan tak bisa dimaanfatkan oleh masyarakat setempat. 

" Ya, kami telah turun ke lokasi, dan mengecek langsung dampak limbah tersebut,” kata AB dan YF, selaku tokoh masyarakat desa Keluang pada awak media ,  Jumat 20 Agustus 2021.

Lebih Lanjut mereka , masyarakat  sangat mengeluh karena kolam limbah langsung mengalir ke sungai masyarakat, sebelumnya terlihat banyak ikan yang mati.

" Ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pemerintah sebaiknya memberikan sanksi tegas terhadap pihak perusahaan," ungkapnya.

Kemudian , Ia juga menyampaikan bahwa, Sejumlah warga yang berada di lingkungan perusahaan sepakat meminta instansi terkait mengecek dan mengambil tindakan tegas terhadap  PT Odira. Bila  perlu menghentikan operasionalnya jika tidak taat aturan.

“ Memang ,  kalau di biarkan dampak limbah  ini sangat membahayakan  bagi manusia dan lingkungan ,” pungkasnya.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasi oleh awak media , pimpinan perusahan mengatakan,  maaf tidak bisa ditemui, lagi sibuk," singkat satpam lewat pesan WhatsApp nya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin,  Isro Maita saat di konfirmasi  oleh awak media melalui WhatsApp milik pribadinya pada  Minggu (22/08/2021) sekaitan   limbah milik PT Odira  Mengatakan, Kita akan segera menurunkan tim untuk mengecek lokasi dan  Kita  akan koordinasikan  ke Migas pusat. 

"Ini kewenangan Migas  Pusat yaitu, Kementerian ESDM dan Kementerian LHK,”tutupnya.

Sementara itu dari pihak perusahaan PT Odira   hingga berita ini di terbitkan belum memberikan jawabannya. (Tim)

Editor posting : Darmanto

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre