Breaking News

 


Vaksin Moderna Perdana Sasar 136 Warga Betumonga

Foto: Puskesmas Bosua di Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Minggu, (22/08/2021).

MENTAWAI. FN- Puskesmas Bosua melaksanakan kegiatan Vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) perdana di Desa Betumonga, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Kegiatan selama dua hari itu dimulai pada tanggal 20 sampai 21 Agustus 2021 di dua dua dusun di desa itu yakni, dusun Taraet dan dusun Matutuman. 

Tenaga Kesehatan Puskesmas Bosua, dr. Nevi Aulia mengatakan di hari pertama di Dusun Taraet pihaknya telah melakukan vaksinasi Moderna terhadap 98 orang. Sedangkan di hari kedua di dusun Matutuman sebanyak 38 orang. 

"Jadi di Desa Betumonga masih banyak Masyarakat yang belum mendapatkan vaksin," ungkapnya kepada figurnews.com di Puskesmas Bosua, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan. Minggu, (22/08/2021). 

Dikatakan dr. Nevi Aulia hal itu terjadi karena masih terbatasnya jumlah Vaksin COVID-19 jenis Moderna di terima Puskesmas Bosua. Vaksin Moderna untuk Masyarakat Betumonga sebanyak 10 vial atau untuk 140 suntikan.  

Satu vial vaksin Moderna lanjutnya dapat digunakan untuk 14 suntikan. 

Ia menyebutkan dengan kondisi medan jalan di wilayah tersebut, pihaknya perlu hati-hati membawa vaksin itu. 

"Dengan kondisi jalan disitu penuh tantangan turun naik bukit dan jalan-jalan berlubang, sebisa mungkin kami menjaga vaksin itu agar tidak terguncang, dengan cara memadatkan di tempat vaksin tersebut," terang dokter itu. 

Interval waktu vaksinasi kedua untuk Warga Betumonga disebutkannya 28 sampai 30 hari. Artinya, pada tanggal 19 September 2021, pihaknya kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi kedua dengan jenis vaksin yang sama.  

Sementara itu sebelumnya, Kepala Puskesmas Bosua, Suwarti mengatakan apabila Masyarakat menerima suntikan vaksin pertama jenis Sinovac maka vaksin keduanya mesti Sinovac. Begitu juga sebaliknya. 

"Masyarakat umum di dua desa yakni desa Bosua dan desa Beriulou menggunkan vaksin pertama Sinovac, sedangakan desa Betumonga vaksin pertama Moderna, dan rata-rata Masyarakat di wilayah Puskesmas Bosua masih menerima vaksin pertama," ujar Suwarti. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre