Breaking News

 


Tim Pengabdian UNP Mengadakan Pelatihan Tentang Penataan Manajerial BUM-Nag di Nagari Sikabau Kabupaten Dharmasraya


Dharmasraya, Figurnews.com-Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNP kembali mengelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) Bukit Gadang Mandiri, Nagari Sikabau, Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 12-13 Agustus 2021.

Tim Pengabdian ini terdiri dari Ketua Dra. Jumiati, M.Si, dengan anggota Boni Saputra, MPA, dan Dr. Lince Magriasti, M.Si, juga melibatkan beberapa mahasiswa.
Fokus pengabdian adalah penataan manajerial dan penguatan kapasitas kelembagaan BUM-Nag Bukit Gadang Mandiri dalam mengelola sumber kekayaan Nagari Sikabau. BUM-Nag Bukit Gadang Mandiri telah memiliki 2 unit usaha, yaitu bidang percetakan dan bidang peternakan ayam potong. Seiring berjalanya waktu BUM-Nag ini mengalami permasalahan yaitu penurunan omset.

Salah satu indikasinya adalah sistem manajerial yang masih dirasa kurang baik dan restrukturisasi organisasi yang baru-baru ini dilakukan. Sehingga kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan sumbangsih pemikiran, penyuluhan dan pelatihan tentang penguatan kapasitas kelembagaan dan sistem manajerial pengelolaan BUM-Nag.
Kegiatan berlangsung di Gedung Aula Pertemuan Wali Nagari Sikabau, Kabupaten Dharmasraya.


Dibuka secara resmi oleh Wali Nagari Sikabau,  Abdul Razak dan dihadiri oleh seluruh pengurus dan pengawas BUM-Nag Bukit Gadang Mandiri, unsur Bamus, KAN, LPM dan perangkat Nagari Sikabau.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 15 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.


Dalam kegiatan ini tim pengabdi juga mendatangkan beberapa narasumber, diantaranya Bapak Martin Efendi. S.Hut. MM selaku Kepala Bidang Perkebunan Kab. Dharmasraya yang menyampaikan materi tentang Peran BUM-Nag dalam Mengelola Potensi Pertanian dan Perkebunan sebagai Aset dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Nagari, Ibu Nora Eka Putri, S.IP., M.Si menyampaikan materi tentang Manajemen dan tata kelola BUM-Nag, Ibu Pratiwi Nurhabibie, M. Sc selaku Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNP, yang menyampaikan materi tentang strategi pengelolan dan penguatan kelembagaan BUM-Nag.


Dra. Jumiati, M.Si selaku ketua Tim pada kegiatan ini mengatakan, “BUM-Nag merupakan pilar kegiatan ekonomi di Nagari yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution), sehingga BUM-Nag perlu untuk dikembangkan”.

Salah satu tantangan bagi BUM-Nag adalah mengoptimalkan dan menghasilkan usaha yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari dan terwujudnya kesejahteraan masyarakat Nagari (Ujarnya).

Wali Nagari Sikabau Bapak Abdul Razak menyampaikan, apresiasi dan dukungan serta ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Kita berharap adanya pendampingan terhadap BUM-Nag Bukit Gadang Mandiri, sehingga BUM-Nag ini benar-benar bisa menjadi BUM-Nag yang mandiri dan berkembang," katanya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini terselenggara berkat kerja sama antara LP2M UNP melalui Tim Pengabdian Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Pemerintah Nagari Sikabau.

(Dodi)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre