Breaking News

 


SARAT KEJANGGALAN PANSIMAS POHAN JULU PERLU DIUSUT TUNTAS


Siborong borong(Sumut), Figurnews.com

Pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)  tahun anggaran 2020 di Desa Pohan Julu, Kecamatan Siborong2, Kabupaten Tapanuli Utara,disinyalir banyak kejanggalan dalam perealisasiannya.

Dugaan kejanggalan dimaksud mulai dari mekanisme pembangunan dan realisasi anggaran.

Sebelumnya, sejumlah wartawan dari berbagai media memberitakan Pamsimas Tahun Anggaran 2020 di Desa Pohan Julu ini mangkrak alias belum beroperasi hingga Minggu, 29 Agustus 2021

Untuk mengetahui penyebab mangkraknya pembangunan yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, wartawan melakukan investigasi ke lapangan. Hasilnya, menurut warga mesin pemompa air telah rusak, namun kerusakan terjadi sebelum Pamsimas beroperasi.

Investigasi wartawan terus dilakukan dengan menghubungi Calvin Marpaung selaku Ketua Satlak Pamsimas, Jum’at 27 Agustus 2021. Dan juga berupaya menjumpai di kediamannya di Desa Pohan Julu, namun Calvin Marpaung tidak bisa dihubungi,Dan untuk mendapat informasi Wartawan media ini serta rekan yang lain berupaya menghubungi Kepala Desa Pohan Julu Demak Simangunsong selaku  penanggung jawab Kegiatan di Kantor Kepala Desa Merangkap Rumah Pribadinya namun yang bersangkutan juga sulit ditemui,dari keterangan warga setempat Kepala Desa lebih sering keladang daripada di kantor, segala urusan kantor lebih sering ditangani sekretaris Desa yang nota benenya adalah anak kandung Kepala Desa.

Hasil Temuan Tim Investigasi Praktisi pemerhati Pembangunan LSM-ACCN F.Tampubolon mengatakan, bahwa  Anggaran murni APBN  untuk pengerjaan Proyek tersebut +/- 230 juta  tidak dipergunakan secara maksimal sehingga pengerjaannya terkesan asal jadi.

Mirisnya lagi, informasi yang dihimpun wartawan terdapat dugaan tindakan penyelewengan dalam perealisasian anggaran Dana Sharing yang dianggarkan dari Dana Desa sebesar +/- Rp 75.400.000,- juta diduga sama sekali tidak terealisasi.

Masalah kegagalan proyek Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Desa Pohan Julu sampai sekarang tidak ada penyelesaian dan tanggung jawab dari panitia pelaksana dan aparat desa terkait.Di duga ada penyelewengan dana dan permainan oleh Satuan pelaksana (Satlak), aparat desa.

Kegagalan proyek Pamsimas tentunya membawa kekecewaan bagi  masyarakat Pohan Julu Khususnya Warga Dusun Sihatandohan yang mendambakan fasilitas air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Jangan biarkan kasus kegagalan proyek Pamsimas di Desa Pohan Julu hilang begitu saja. Saya sangat mengharapkan Aparat Penegak Hukum (APH)untuk mengungkap kasus  kegagalan proyek Pamsimas di Desa Pohan Julu turun tangan mengusut transparansi dana dan dugaan penyelewengan atas bobroknya pelaksanaan proyek Pamsimas di Dusun Sihatandohan Desa Pohan Julu ini Ujar Tampubolon.(Hendry Lumban Gaol)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre