Breaking News

 


Rapat Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT RI Ke-76


Padang(Sumbar), Figurnews.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo, Senin (16/8/2021).

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi membuka rapat paripurna menegaskan, pemerintah daerah perlu bersinergi dengan pemerintah pusat dalam program pembangunan. Sebab, ketergantungan daerah kepada anggaran pusat masih tinggi.
 
"Kemampuan keuangan daerah masih terbatas sehingga ketergantungan kepada pusat masih tinggi. Untuk merealisasikan program pembangunan daerah perlu meningkatkan sinergitas dengan pemerintah pusat," kata Supardi. 
 
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) tahun 2022. Selain itu juga pidato dalam rangka sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR-DPD RI tahun 2021 serta pidato dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76.
 
Supardi menambahkan, persoalan yang dihadapi saat ini membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Wabah pandemi Covid-19 telah memberikan dampak cukup memprihatinkan, tidak saja dari sisi kesehatan namun terutama sekali kepada perekonomian. 
 
"Menghadapi kondisi ini, perlu menjadi prioritas bersama. Pemerintah pusat tidak bisa menangani sendiri tanpa dukungan dari pemerintah daerah, pun sebaliknya pemerintah daerah juga tidak akan mampu tanpa campur tangan pemerintah pusat," ujarnya.
 
Dia meminta kepada gubernur dan seluruh jajaran pemerintah provinsi agar dapat memperhatikan garis-garis besar RUU APBN tahun 2022 yang disampaikan presiden untuk dijadikan acuan dalam menyusun pembangunan daerah.
 
"Hendaknya ada sinkronisasi sehingga tujuan dari pembangunan nasional dan pembangunan daerah dapat dicapai secara bersamaan," tambahnya.
 
Menurut Supardi, fokus pembangunan nasional hendaknya disikapi oleh pemerintah daerah dengan program-program yang relevan, dengan tetap menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan daerah. Langkah tersebut sebagai upaya mencapai tujuan secara bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangkitkan kembali perekonomian setelah terpuruk oleh pandemi Covid-19.
 
Lebih jauh, Supardi menerangkan, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-76 Kemerdekaan RI, hendaknya dijadikan momentum kebangkitan setelah diterpa pandemi Covid-19 selama hampir satu setengah tahun. Dia mengajak pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membangun kekuatan menghadapi sampai pandemi Covid-19 benar-benar berakhir.
 
Dia meminta seluruh eleman agar meningkatkan kesadaran beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19. Mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mengikuti program vaksinasi untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan membentuk kekebalan kelompok sehingga Covid-19 bisa dikendalikan dan tidak semakin meluas.(*) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre