Breaking News

 


Pokdarwis Penyu Ampiang Parak Menjadi Salah Satu Nominator Dari Lima Pokdarwis Terbaik di Sumbar Tahun 2021 Ini


Painan(Sumbar), Figurnews.com

Lomba Pokdarwis Penyu Ampiang Parak Kecamatan Suterah Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa 24-08-2021, Ketua TIM Penilai, Joni Mardianto, mengatakan, penilaian lomba apresiasi pokdarwis tahun 2021 ini berbeda dengan jenis lomba lainnya.

Lomba apresiasi pokdarwis ini murni langsung dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat yang mengadakan. Tim penilai juga terdiri dari para akademisi, Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, organisasi dan pelaku wisata yang berjumlah 10 orang.

Dikatakan Joni, sebelumnya tim penilai telah memberitahu sekitar dua hari sebelum melakukan kunjungan lapangan.

“Meski tim datang mendadak, namun Pokdarwis Penyu Ampiang Parak  selalu siap menerima penilaian kapan saja. Ibaratnya, pengurus Pokdarwis Penyu Ampiang layaknya siap menerima tamu wisatawan yang datang kapan saja, pagi, siang maupun malam hari,” kata Joni, dikutip dari laman FB Kominfo.

Pihaknya melihat perkembangan khususnya dari kualitas sumberdaya manusia di Desa Wisata Ampiang Parak semakin baik.

“Kami minta pihak pengurus Pokdarwis Penyu Ampiang Parak untuk terus berbenah. Jika pelayanan semakin baik, wisatawan akan semakin nyaman dan betah tinggal di desa, dan secara tidak langsung pendapatan masyarakat desa akan meningkat,” ungkapnya.

Joni menambahkan, pada penilaian apresiasi pokdarwis 2021 ini ada lima aspek atau indikator yang harus dipenuhi. Antara lain aspek administrasi, fisik, sumber daya manusia, kegiatan dan Sapta Pesona.

Dia berharap agar pokdarwis dapat memahami serta mampu mewujudkan konsep sadar wisata dan prinsip-prinsip Sapta Pesona serta meningkatkan kualitas peran dan kapasitasnya dalam mendorong masyarakat untuk mengambil manfaat kegiatan kepariwisataan sebagai pelaku usaha pariwisata.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Penyu Ampiang Parak, Haridman mengatakan, saat ini homestay diPenyu Ampiang parak  ada sebanyak 6 buah. Sedangkan untuk event-event wisata yang dapat dinikmati wisatawan di antaranya silek lanyah, tari-tarian, wisata edukasi seperti menanam mangrove menangkap ikan.

“Wisata ini semuanya berbentuk paket. Paket tersebut tergantung dari tamu dan wisatawan yang membooking. Jadi apa yang mereka mau lihat di sini, itu yang kita fasilitasi,” ucapnya.

Sedangkan untuk homestay, lanjut Haridman, untuk menginap wisatawan cukup membayar Rp 300-Rp 600 ribu sehari semalam per-rumah dan sudah termasuk makan.

Selama menginap, pengunjung bisa menikmati suasana di wisata ini,pedesaan yang asri dengan hamparan pantai  yang luas.

Hridman, berharap, apa yang sudah diperbuat dan dilalui selama ini bisa mengantarkan Pokdarwis Penyu Ampiang Parak  menjadi yang terbaik dalam ajang penilaian Lomba Apresiasi Pokdarwis tahun 2021 ini.

Dalam penilaian tersebut, tim meneliti administrasi pokdarwis, dokumentasi kegiatan, struktur organisasi dan Gallery Wisata Penyu Ampiang Parak .

Turut hadir dalam penilaian tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Dinas Pariwisata Kabupaten ( Pessel),Doni Hardi   beserta jajaran, Camat Sutera, Loly Novita, beserta jajaran, dan Wali Nagari Ampiang Parak, Sayaipul Bakri, serta tokoh masyarakat sekitar.

Kegiatan juga diikuti secara virtual oleh para pegiat wisata yang telah berkunjung ke Desa Wisata Penyu Ampiang Parak baik dari mancanegara maupun local, serta dari para akademisi,"tutupnya.(EF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre