Breaking News

 


Perayaan Dies Natalis ke-59 asmiDIGItalk4,  Peluang Bisnis Optimalisasi Generasi Tangguh : di Era Baru  Kamu Bisa

Jakarta - figurnews.com -Perayaan Dies Natalis ke-59 Institut Bisnis dan Multimedia ASMI (IBM ASMI) jatuh pada 01 Juli 2021. Perayaan ini diisi dengan acara pemotongan tumpeng dan webinar series.

Webinar yang disebut webinar asmiDIGItalk terdiri atas 4 Webinar, dengan mengusung tema “Optimalisasi Peluang Bisnis bagi Generasi Tangguh di Era Baru: Kamu Bisa”.

Rangkaian acara di mulai pada tanggal 17 Juli 2021 telah berlangsung webinar pertama dengan tema “Supply Chain Optimization Strategy for Millennials in the Maritime & Digital Business in the New Era”.

Selanjutnya, webinar kedua 22 Juli 2021 dengan tema “Optimalisasi Peluang Bisnis Bagi Generasi Tangguh: Go Digital”, kemudian webinar asmiDIGItalk3 pada 31 Juli 2021 dengan tema “Optimalisasi Peluang Bisnis Bagi Generasi Tangguh: Women in Charge”.

Pada hari ini, Sabtu, 14 Agustus 2021 merupakan webinar terakhir dan sekaligus penutup dari serangkaian webinar pada perayaan Dies Natalis IBM ASMI.

Dalam sambutannya, Rektor IBM ASMI: Dr. Freddy J. Rumambi, M.M., menjelaskan bahwa telah berlangsung 4 webinar dalam serangkaian acara webinar dalam merayakan Dies Natalis IBM ASMI.

Rektor juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para keynote speaker, narasumber-narasumber yang telah mengisi semua webinar, peserta, serta seluruh panitia yang telah turut serta menyukseskan acara webinar asmiDIGItalk 1, 2, 3 dan 4.

Selanjutnya, Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon (YLPG), Angelica Tengker menyampaikan perjalanan IBM ASMI dari Kursus, Akademi, Sekolah Tinggi, dan kemudian sekarang menjadi Institut. Sebagai perguruan tinggi swasta, IBM ASMI telah mengalami banyak perubahan dan penyesuaian.

"Sampai saat ini, IBM ASMI sudah menghasilkan lulusan siap kerja, lulusan siap berwirausaha, menghasilkan satu bidang usaha yang dapat juga mempekerjakan banyak tenaga kerja, yang dapat turut mengambil bagian dalam pembangunan Indonesia," ungkap Angelica.

Dari awalnya webinar telah melibatkan beberapa kementerian sebagai keynote speaker dan narasumber, seperti Kementerian Koperasi dan UKM, yang diwakili oleh Sekretaris Menteri. Kemudian dari Kementerian Desa PDTT, dimana Pak Wamen sebagai Pembicara, dan pada hari ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Narasumber.

"Ini menunjukkan keseriusan baik dari pemerintah, pihak swasta maupun perguruan tinggi untuk bekerja sama melakukan penyesuaikan perubahan yang ada dan menciptakan ekosistem yang baik bagi para entrepreneur muda. Kita siapkan mahasiswa sudah memulai entrepreneur bahkan pada saat kuliah," ujarnya. 

Untuk mendukung hal itu kata Angelica, saat ini IBM ASMI sedang menyiapkan Kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar, yang saat ini sudah dicanangkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Rangkaian kegiatan webinar ini merupakan yang terakhir, tapi setelah ini akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan workshop dengan bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait.

"Di Kampus IBM ASMI sendiri ada ASMI Entrepreneur Center, dan ASMI Women Empowerment Center yang akan turut membantu program ini," pungkas Angelica.

Host dipimpin oleh Dosen IBM ASMI, Ibu Dita Febryanti, S.Pd., M.Han.dan aktif sebagai Tenaga Ahli di DPR RI.

Hadir sebagai narasumber adalah Abie Abdilla, selaku Owner & Founder of Studio Hiji, yang menjelaskan berkarya dengan material rotan, dan bagiamana membawa rotan ke kelas dunia, dengan bantuan digitalisasi.

Rotan adalah material unik dari Indonesia dimana diyakini 80% dari kebutuhan dunia berasal dari Sumber Daya yang ada di Indonesia.

Material rotan juga merupakan bahan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, dan penggunaan rotan sebagai dasar bisnis merupakan penghargaan terhadap warisan alam dan warisan budaya Indonesia.

Uniknya kata Abdilla, bisnis ini dicetak dengan bantuan mesin, dan ada juga yang handmade untuk beberapa jenis produk.

Bisnis rotan yang dilakukan oleh Abie Abdilla yang diberi nama dengan Studio Hiji merupakan bisnis produk rotan yang memiliki design-design yang unik agar dapat dipasarkan di dunia internasional.

Menurutnya, urutan yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini adalah Design dan Detail, lalu Promosi Branding, kemudian Strategi Pemasaran, Menjadi Trendsetter, dan selalu konsisten terhadap seluruh rangkaian bisnis rotan ini.

Studio Hiji juga pernah bekerja sama dengan pemerintah, yaitu pembinaan dan pengembangan design di beberapa kementerian di Indonesia, agar bisnis dengan material rotan terus dapat dikembangkan di Indonesia.

"Bisnis rotan ini juga merupakan bisnis yang menjanjikan karena telah beberapa kali mendapatkan penghargaan internasional seperti di Singapore, di Korea Selatan, dan di beberapa negara lainnya," ungkap Abie. 

Selain itu, design yang bagus juga menjadi perhatian khusus untuk bisnis rotan seperti ini. "Salah satu design kursi yg unik pernah lulus seleksi, diseleksi oleh Professor Design di Milan," pungkas Abie Abdilla.

Webinar ini ditutup dengan Closing Speech oleh Ketua Panitia Dies Natalis, Dr. Rudianto, M.M., yang menyampaikan rangkaian acara Dies Natalis yang sudah berlangsung sejak awal Juli lalu hingga ditutup pada hari ini.

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas informasi dan pengetahuan yang telah dibagikan oleh seluruh Keynote Speaker dan Narasumber dalam webinar asmidigitalk.

Dan pada akhir acara, tidak lupa juga merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-67 dengan beberapa permainan secara online yang melibatkan perserta webinar.

(DP)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre