Breaking News

 


Pemutakhiran Data Ketua KPU Kampar Jumpai Bupati Kampar


Bangkinang(Riau), Figurnews.com

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kampar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dalam hal ini langsung disambut oleh Sekretaris  Daerah Kabupaten Kampar Drs.H.M. Yusri, M. Si berkaitan dengan Agenda Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Kabupaten Kampar serta Badan Koordinasi Kehumasan KPU Kabupaten Kampar. Pertemuan di gelar di Ruang Sekda Kampar kantor Bupati Kampar lantai II di jalan lingkar Bangkinang, Rabu 18/08.

Hadir dalam pertemuan  tersebut Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni yang didampingi oleh anggota yang membidangi divisi Perencanaan Data dan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kampar Andi Putra dan Drs.H. Sardalis serta kassubag Program dan data Nurhayati, S.Sos.

Banyak kendala-kendala lain yang disampaikan dan didiskusikan oleh KPU Kampar dengan Pemerintah Daerah yang melahirkan solusi bahwa pemerintah daerah kampar siap mendukung dan membantu kelancaran kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di kabupaten kampar.  Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, MH melalui Sekda kampar Drs. M. Yusri, M. Si mengatakan, permasalahan data pemilih sebetulnya permasalahan klasik yang terjadi setiap even pemilu maupun pemilihan. Saya tahu betul, sebab saya sudah mengarungi dari kelurahan, kecamatan bahkan disdukcapil saya pernah disitu. Sehingga bila berbicara persoalan data pemilih saya paham betul. Maka untuk itu, melalui pemutakhiran data berkelanjutan ini saya mendukung penuh sebagai upaya kpu dalam meminimalisir permasalahan data pemilih yang terjadi. Ini merupakan upaya jauh-jauh hari yang dilakukan sebelum pelaksanaan pemilu dan pemilihan 2024 mendatang.

Sekda juga berjanji akan menyurati kecamatan dan desa untuk melaporkan informasi DPB secara berkala kepada kpu kampar dan meminta kpu untuk mempersiapkan sistem aplikasi berbasis digitalisasi melalui android untuk memudahkan setiap kecamatan dan desa melaporkan informasi data pemilih serta meminta untuk susun jadwal pemutakhiran data berkelanjutan di kecamatan yang nantinya akan dipertegas melalui suratnya.

Selain itu, berkaitan dengan hal-hal lain, dapat di komunikasikan secara berkelanjutan. Silahkan kpu datang, dan hadir ke ruang saya. Saya selalu terbuka setiap saat sehingga ini menjadikan pelaksanaan pemilu dan pemilihan 2024 mendatang sukses kita laksanakan" Tutupnya.

Dalam koordinasi tersebut, KPU Kampar menyampaikan kepada Pemerintah Daerah terkait hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 hingga saat ini serta program dan kegiatan yang sedang berjalan serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pemutakhiran data berkelanjutan diantaranya kurangnya partisipasi masyarakat dalam memberikan informasi dan tanggapan berkaitan dengan update data pemilih di kabupaten kampar. 

Berbagai inovasi dan kreasi dalam mensukseskan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan terus di gagas dan di upayakan oleh kpu kampar untuk memperoleh informasi tersebut sebagai sumber kpu dalam melakukan rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan setiap bulan saat ini,  Diantaranya program one week, one person, one informasi. Dimana kpu mewajibkan secara internal kepada seluruh komisioner dan pegawai di kpu kampar mencari dan melaporkan informasi DPB satu orang, satu informasi dalam satu minggu.

Selain itu juga, polarisasi yang dilakukan kpu kampar melalui pola jemput bola potensi pemilih baru berupa pemilih pemula ke sekolah-sekolah SMA Sederajat di kabupaten  kampar yang di namai kpu go to school. Namun mengingat kondisi Daerah Kabupaten Kampar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)Level III sehingga sekolah pun belajar online atau daring serta kantor-kantor layanan publik memberlakukan aturan kerja dari rumah (wfh) sehingga menjadi kendala bagi kpu untuk memeroleh informasi dpb. (Diskominfo Kampar)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre