Breaking News

 


Pemkab Tanah Datar Sediakan 500 Kuota untuk Asuransi Ternak

 


Tanah Datar, Figurnews.com

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyediakan program Asuransi Usaha Ternak Sapi dan kerbau (AUTSK) untuk peternak di kawasan Tanah Datar.

"Atas relokasi Kementerian Pertanian RI dari 150 ribu ekor menjadi 100 ribu ekor, Kabupaten Tanah Datar tahun 2021 memperoleh kuota sebanyak 500 ekor sapi/kerbau untuk diasuransikan", kata Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi, Senin (9/8/2021).

Dari 500 kuota yang diperoleh Tanah Datar tahun 2021 ini katanya, realisasi sampai bulan Juli AUTSK baru 121 ekor, sehingga saat ini masih ada 379 ekor lagi yang bisa diasuransikan. 

Pemerintah menyediakan premi asuransi yang harus dibayar untuk 1 ekor ternak sebesar Rp200 ribu, namun dengan adanya subsidi premi 80% dari  pemerintah pusat atau sebesar Rp160 ribu maka masyarakat hanya perlu membayar Rp40 ribu/ekor ternaknya. 

“Nilai premi untuk ternak diambil 2% dari harga pertanggungan ternak yaitu Rp10 juta/ekor, maka harga premi yang dibayarkan adalah Rp200 ribu, premi yang Rp200 ribu ini 80% atau Rp160 disubsidi oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian, sedangkan yang 20% lagi atau Rp40 ribu sisanya ditanggung oleh masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab keikutsertaan mereka dalam asuransi ternak tersebut,” katanya.

Untuk tahun 2022, tambah Yulfiardi, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan anggarkan subsidi premi yang 20% atau Rp40 ribu per ekor tersebut untuk 2.000 ekor ternak sehingga peternak dapat mengikuti Asuransi Ternak Sapi/Kerbau tersebut secara gratis tanpa harus memikirkan pembayaran preminya lagi.

“Kita sudah usulkan anggaran subsidi premi untuk 2.000 sapi/kerbau, jumlah ini bisa saja berubah, tergantung kuota yang diberikan Kementerian Pertanian RI untuk Tanah Datar, sehingga diharapkan tahun depan masyarakat kita bisa gratis dalam program AUTSK ini”, ujar Yulfiardi.

Sementara itu untuk Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP), tambah Yulfiardi, Tanah Datar tahun 2021 memperoleh kuota sebanyak 1.000 hektar. 

"Khusus AUTP di Tanah Datar sampai kondisi bulan Juni sudah terealisasi sebanyak 260 hektar, dan kemungkinan sisa kuota yang telah diberikan tidak bisa direalisasikan berhubung Kementerian Pertanian RI telah menghentikan sementera anggaran untuk kegiatan ini karena pandemi Covid-19 sehingga kegiatan AUTP dihentikan sementara, dan kita berharap 2022 mendatang dilaksanakan kembali," katanya. (SUTAN/Hms)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre