Breaking News

 


Pasaman Barat Berlakukan PPKM Level Tiga, Berikut Pembatasnya

Pasaman Barat, Figurnews.com

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka pengendalian penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Melalui surat edaran Bupati Pasaman Barat  Nomor 660/136/SE/BPBD/2021 berlaku sejak, Selasa (10/8/2021) 

"Kasus COVID-19 di Pasaman Barat terus meningkat dan perlu diberlakukan PPKM level tiga," kata Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Hendra Putra di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan pemberlakuan PPKM itu berdasarkan Surat Edaran Bupati Pasaman Barat Nomor 660/136/SE/BPBD-2021 tentang PPKM dalam rangka pengendalian penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat yang ditandatangani Bupati Pasaman Barat pada 10 Agustus 2021.

Dalam surat edaran itu dibunyikan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh.

Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka dilakukan terbatas maksimal 50 persen. Kecuali untuk PAUD maksimal 33 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 siswa perkelas.

Kemudian membatasi aktifitas di tempat kerja atau perkantoran dengan menerapkan skema bekerja dari rumah maksimal 75 persen dan bekerja di kantor sebesar 25 persen kecuali di kantor atau instansi penanganan COVID-19, tempat pelayanan kesehatan, tempat pelayanan publik dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Selanjutnya pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial seperti kesehatan, bahan pangan, makanan, minuman, energi, komunimasi dan informasi, keuangan, perbankan, sistem pembayaran, logistik, perhotolen dan lainnya menerapkan protokol kesehatan lebih ketat.

Setelah itu pasar tradisional dan tempat usaha lainnya lebih memperketat protokol kesehatan. Bagi rumah makan atau tempat minum protokol kesehatan diperketat

Hanya diperbolehkan melayani masyarakat 50 persen dari kapasitas yang ada dan menerima pesanan sampai pukul 21.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan keagamaan di masjid disesuikan dengan aturan Kementrian Agama dan kegiatan sosial sosial kemasyarakatan ditutup sementara waktu.

Untuk kegiatan konstruksi dapat beroperasi 100 persen dengan penerapan protokol kesehatan ketat serta kapasitas angkutan umum maksimal 70 persen dengan protokol kesehatan.

"Aturan teknisnya belum dibuat dan segera dirapatkan untuk pelaksanaan PPKM ini," katanya.

Beberapa aturan yang harus dipatuhi dalam Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat melakukan melalui pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan atau jarak jauh beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen, kecuali untuk PAUD maksimal 30 persen dengan menjaga jarak minimal 1,3 Meter dan maksimal 5 peserta didik dalam satu rombelnya.

Pelaksanaan aktifitas ditempat kerja atau perkantoran dengan menerapkan skema bekerja dari rumah sebesar 75 persen dan bekerja di kantor hanya 25 persen kecuali di dinas dan instansi penanganan COVID-19 , rumah sakit, Pukesmas, klinik dan tempat kesehatan lainya dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Begitu juga dengan pasar tradisional pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, barbershop, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan ibadah dibatasi oleh jumlah maksimal 50 persen dari kapasitas masjid, musala dan gereja dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan untuk pelaksanaan kontruksi dapat beroperasi 100 persen.

Selain itu untuk transportasi umum, seperti angkutan masal, taksi dan sewa atau rental diperlakukan dengan kapasitas maksimal 70 persen dengan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan pelaksanaan resepsi pernikahan, kegiatan olah raga, seni budaya, kegiatan rapat, seminar dan sejenis kegiatan masal ditiadakan sampai batas waktu yang belum bisa ditetapkan oleh pemerintah daerah Pasbar.

 (Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre