Breaking News

 


 


Kota Solok , Figur News,Com-

Dalam memberikan kepeduliannya terhadap masyarakat yang ada, serta untuk membangun masyarakat itu sendiri menuju kesejahteraan, pemerintah kota Solok memberikan anggaran APBD untuk para lansia terlantar, setiap harinya para lansia mendapatkan perawatan serta asupan gizi dari perintah setempat melalui dinas Sosial Pemko Solok.(03/08) 

Dari data dan keterangan yang disampaikan oleh kepala dinas Sosial pemerintah kota Solok, Zulfadli Ilyas menyebutkan, adapun program yang dikemasnya untuk lansia terlantar itu, pada tahap awal dinas yang dipimpinnya, melakukan inventarisir terhadap jumlah lansia terlantar yang ada dikota Solok, dan untuk selanjutnya mereka akan diberikan perhatian serius yang akan dilakukan oleh kelompok pekerja Sosial yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh dinas tersebut 

Zulfadli Ilyas menyebutkan, adapun yang dimaksud dengan lansia terlantar tersebut adalah, para orang tua yang tidak terurus atau para orang tua yang terlantar yang disebabkan karena tidak memiliki anak, atau keluarga, dan berdasarkan dari pada itu, walikota Solok H.Zul Elfian Umar telah memerintah dinas yang dipimpinnya itu untuk segera menangani nya.

Untuk para lansia terlantar yang masih memiliki anak atau keluarga, namun tidak mendapatkan perhatian penuh, yang disebabkan oleh kesibukan dari keluarganya itu sendiri, akan dijemput kerumahnya pada 08.00 Wib dan dibawa Istana Lansia (rumah singgah) untuk mendapatkan perawatan, dan kembali diantarkan kerumahnya pada 16.00 Wib.

Selama dirumah singgah, mereka akan diberi makan dan asupan gizi, serta diberikan kegiatan lainnya seperti, olah Raga ringan, pemeriksan kesehatan ,keterampilan memasak,sholat berjamaah, belajar atau membaca ayat suci Al-quran dan ceramah agama, serta wisata dan lain-lainnya, sementara itu perlakukan yang sama juga diberikan kepada para lansia terlantar yang tidak memiliki keluarganya didaerah setempat.

Kegiatan dalam rangka memberikan kesejahteraan dan perhatian untuk para lansia terlantar yang ada dikota Solok tersebut, dilaksanakan setiap harinya, kecuali pada Sabtu dan Minggu, karena pada hari itu perawatan diserahkan secara penuh kepada pihak keluarganya masing masing, kecuali para lansia yang tidak memiliki keluarga.

Sementara itu karena kondisi Pandemi yang disebabkan oleh virus Corona saat ini, program yang telah dikemas itu sedikit terjadi perubahan dalam pelaksanaannya, kegiatan dialihkan dengan mengantar Snack dan makan siang kerumahnya masing-masing, ungkap Kadis Sosial Kota Solok.

Mengakhiri paparan yang disampaikannya, Zulfadli Ilyas menyebutkan, semua biaya yang ditimbulkan dari kegiatan yang dikemas dan dilaksanakannya itu, seluruhnya ditanggung oleh APBD kota Solok. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre