Breaking News

 


Kejar Target Herd Imunity, TNI AD Lancarkan Serbuan Vaksinasi di Koramil Simpang Empat

Pasaman Barat, Figurnews.com — Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021 dan untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), prajurit TNI AD dibantu tenaga medis Dinas Kesehatan (Diskes) Pasbar melaksanakan Serbuan Vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua kepada masyarakat di markas Koramil 02 Simpang Empat, pada Jumat (13/8/2021) sekira pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 12.30 wib.

Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, melalui Danramil 02 Simpang Empat Kapten Kav Sumidi Slamet mengatakan kegiatan serbuan vaksinasi ini dilaksanakan di Aula Makoramil Simpang Empat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) melalui program vaksinasi Covid-19.


Total peserta divaksin jenis Astra Zeneca dan vaksin Sinovac sebanyak 158 orang.


"Sebelum divaksinasi, semua peserta wajib menerapkan Prokes memakai masker menjaga jarak, mencuci tangan serta memperlihatkan KTP untuk registrasi atau pendaftaran, lalu dilakukan screaning dan observasi," jelas Kapten Sumidi.


“Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari program vaksinasi Nasional yang dicanangkan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus memperkuat imunitas tubuh,” ujarnya.


Serbuan vaksinasi tahap pertama dan kedua dilaksanakan oleh 32 orang terdiri dari 18 tenaga kesehatan dari puskesmas Sukamenanti, 8 Orang Nakes Puskesmas Lembah Binuang, 6 personil TNI, standby 2 Unit Ambulance.


"Vaksin jenis Astra Zaneka sebanyak  70 orang. Terdiri dari Vaksinasi Tahap pertama

peserta yang mendaftar atau Registrasi sebanyak 51 orang. Tervaksin 50 orang, sementara satu orang ditunda jadwal vaksinasi nya," urainya.


"Sementara peserta vaksinasi tahap dua, sebanyak 19 orang, Vaksin Astra Zeneca yang disediakan sebanyak 15 Vial, yang terpakai 7 Vial, sisanya  8 vial," ungkap


Lalu peserta Vaksin Sinovac tahap pertama yamg mendaftar sebanyak 7 orang, semuanya dapat vaksin gratis juga


"Adapun peserta vaksinasi tahap kedua, hari ini berjumlah 80 orang, sementara satu orang peserta musti ditunda vaksinasinya," sambung Sumidi.


Dalam sambutan Danramil Simpang Empat mengatakan saat ini telah terjadi lonjakan kasus Covid-19 hingga mencapai puluhan orang, untuk itulah percepatan program vaksinasi nasional terus dilakukan pemerintah guna menciptakan kekebalan komunal dan menekan laju penyebaran Covid-19. 


Pihaknya berharap dengan serbuan vaksinasi TNI dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat di Pasbar. Walaupun setelah melaksanakan vaksinasi, tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan yaitu 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas dalam kehidupan sehari-hari,”  


"Kita Berharap masyarakat yang sudah menerima vaksin agar terus menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker," harapnya.


Kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan perintah Panglima TNI sebagai bagian sumbangsih TNI dalam mendukung program pemerintah untuk menyukseskan serbuan vaksinasi nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Pasaman Barat.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre