Breaking News

 


Dinkes Pasbar: Pencapaian Vaksinasi Corona Masih 6,31 Persen dari Jumlah Populasi


PASBAR, FIGURNEWS - Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Jhon Hardi menyebutkan vaksinasi Corona yang dilakukan di daerah itu baru mencapai 6,31 persen atau sekitar 20.000 orang dari jumlah populasi.

"Herd immunity minimal 70 persen dari jumlah populasi yang ada, namun hingga saat ini pencapaian vaksinasi corona baru sekitar 6,31 persen," sebut Jhon Hardi kepada wartawan, Jumat (13/8) diruang kerjanya.

Menurutnya pencapaian tersebut terkesan lamban dikarenakan masyarakat enggan untuk melakukan vaksinasi dan hal itu dipicu ada nya informasi atau berita hoak tentang kehalalan dan mutu vaksin.

Namun saat ini ungkap nya, antusias atau permintaan masyarakat meningkat. Hal itu dikarenakan meningkatnya angka kasus positif Corona di Pasaman Barat pasca lebaran.

Kemudian ada nya syarat yang diberlakukan di beberapa daerah wajib vaksin baik pelaku perjalanan maupun pelayanan ditingkat perguruan tinggi atau syarat ketentuan lainnya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi yang saat ini permintaannya meningkat, ia mengaku telah mengusulkan penambahan vaksin, sehingga target 70 persen masyarakat mendapatkan vaksin bisa terpenuhi.

"Saat ini vaksin kita baru masuk sebanyak 310 Vial untuk 3.100 peserta vaksinasi. Sesuai arahan Presiden Jokowi vaksin yang masuk harus segera habis dan segera diminta kembali ke pusat," terangnya.

Ia juga mengaku jumlah vaksin yang masuk tidak sebanding dengan permintaan, hal itu dikarenakan sudah diatur sistem pusat atau aplikasi sesuai data permintaan yang dimasukkan sebelumnya.

"Kedepannya kita akan berupaya agar jumlah vaksin ini meningkat. Sehingga sasaran vaksinasi bisa lebih banyak dan target herd immunity bisa tercapai," jelasnya.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi berikutnya, kita terus kerja sama dengan instansi vertikal atau Forkompinda yang ada di Pasaman Barat dengan vaksinator dari pelayanan kesehatan RSUD, RS Ibnu Sina dan Klinik," sambungnya.

Ia juga terus berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan mesti sudah di vaksin. Disamping itu pihak nya terus melakukan penyuluhan baik lewat baliho, spanduk dan kerjasama dengan Kankemenag dan MUI Pasaman Barat.

Satgas Kabupaten Pasbar yang Bekerja sama dengan MUI dan Kamenag untuk melakukan penyampaian materi covid19 itu ada dan pentingnya taat prokes dan vaksinasi agar terhindar dari covid19 oleh mubaligh dan da'i di setiap kotbah Jumat.

"Kita telah melakukan kerjasama dengan para penceramah atau ustad ahar disetiap kegiatan ceramah memberikan edukasi tentang pentingnya prokes dan vaksinasi," katanya mengakhiri.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre