Breaking News

 


Bupati Pasaman H Benny Utama Membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bamus Se Kabupaten Pasaman.



Pasaman,(Sumbar) figurnews.com

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Badan Permusyawaratan (Bamus) Forum Bamus Kabupaten Pasaman menyelenggarakan pelatihan kapasitas peran Bamus sekaligus didalam tugas dan fungsinya selaku Badan Permusyawaratan ( Bamus ) Se Kabupaten Pasaman pada hari minggu ,(22/08/2021) bertempat di Hotel Pusako Bukittinggi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Pasaman H Benny Utama, kegiatan ini berlangsung selama 5 Hari dari tanggal 22-26 Agustus 2021 dalam 2 Angkatan. 

H.Benny Utama dalam pembukaan menyampaikan tentang hak dan kewajiban serta kewenangan Bamus. Bamus mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan Nagari. Bamus menyatakan pendapat atas penyelenggaraan pemerintahan nagari, pelaksanaan pembangunan nagari, dan pemberdayaan masyarakat nagari. Bamus juga mendapatkan biaya operasional pelaksanaan tugas dan fungsinya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari. Bamua berhak mengajukan usul rancangan peraturan nagari, mengajukan pertanyaan, menyampaikan usul serta pendapat, memilih dan dipilih, dan mendapatkan tunjangan APBNagari. 



Bamus berkewajiban untuk memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan NKRI dan Bhinneka Tinggal Ika. Anggota Bamus berkewajiban untuk melaksanakan kehidupan demokrasi, yang berkeadilan gender dalam penyelenggaraan pemerintah nagari. Bamus diharapkan bisa menyerap, menampung, menghimpun dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat nagari ungkap H. Benny Utama.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman Alim Bazar turut menyampaikan “Keberadaan Bamus sebagai unsur penyelenggara pemerintahan bersama pemerintah nagari, bisa jadi wadah efektif fasilitasi aspirasi masyarakat. Sehingga, dalam proses pembangunan nagari, masyarakat dapat berpartisipasi baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi”.

Fungsi Bamus adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Nagari bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat nagari dan melakukan pengawasan kinerja Wali Nagari. Dari tiga tugas ini sudah jelas Bamus adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan nagari yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan nagari,tambahnya.

Ketua Forum Bamus Usda Herman Dt Sutan mengatakan kepada media figurnews.com bahwa pelaksanaan acara ini berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, PP Nomor 43 Tahun 2014.

Tujuan dilaksanakan acara ini dalam rangka peningkatan kapasitas dari Anggota Bamus Se Kabupaten Pasaman, serta memahami tugas, fungsi dan wewenangnya dalam menjalankan tugas diwilayahnya, Tegas Dt. Sutan.

Sekretaris Forum Bamus Kabupaten Pasaman Arsali Susandi menambahkan setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan Bamus Nagari dapat melaksanakan Tugas dan fungsinya sesuai dengan amanat UU nomor 6/2014.

Dalam kegiatan ini dibagi dalam 2 Angkatan dari jumlah anggota Bamus sebanyak 277 orang yang terdiri dari 37 Nagari, ungkapnya

Sedangkan untuk pemateri terdiri dari Bupati Pasaman, Kepala Kejaksaaan Negeri Pasaman, Kapolres Pasaman, Dandim 0305 Pasaman, Sekda Kabupaten Pasaman, Kadis DPM Kabupaten Pasaman, Kabid Pemnag DPM Kabupaten Pasaman, Kasi ADM Pemnag, Kasubag Perundang-undangan Setda Pasaman dan Kasi Keuangan dan Aset DPM Kabupaten Pasaman.Tutup Arsali Susandi (Erik Takana)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre