Breaking News

 


Batang Rumbai Tabek Sirah Talu Rawan Banjir, Wabup Risnawanto : Kita rencanakan secepatnya Pembangunan Drainase


Pasbar Figurnews-- Sejumlah rumah warga di Jorong Tabek Sirah Nagari Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terancam oleh aliran Batang Rumbai. Pasalnya, Batang Rumbai sering meluap saat hujan terus menerus mengguyur wilayah tersebut.

Untuk melihat kondisi secara langsung, Wakil Bupati (Wabup) Pasbar Risnawanto, Jumat (20/8) didampingi oleh Plt BPBD Pasbar Gusrizal, Camat Talamau Nur Fauziah Zein, wali nagari, Jorong dan stakeholder terkait lainnya melakukan kunjungan dan merancang perencanaan pembangunan saluran pembuangan air (drainase) untuk mengatasi permasalahan tersebut. 


Dalam kesempatan itu, Wabup Risnawanto juga memberikan bantuan berupa sembako dan peratalan yang dibutuhkan korban yang terdampak banjir pada 13 Agustus lalu. 


"Kami datang ke sini bersama stakeholder terkait untuk meninjau aliran Batang Rumbai yang meluap pada 13 Agustus lalu yang menyebabkan beberapa rumah warga terdampak. Hari ini kita juga langsung memberikan bantuan berupa beras, makanan, tikar dan perlengkapan lainnya sesuai dengan  kebutuhan warga yang terdampak bencana," ungkap Wabup Risnawanto.



Kedepan, lanjut Risnawanto, akan direncanakan pembuatan dam dan bronjong untuk menahan air. Permasalahan ini tergolong tanggap darurat, maka akan dilakukan perencanaan secepatnya. 


"Selain itu, tim juga telah membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang akan dikerjakan dalam jangka waktu satu bulan. Saat ini curah hujan masih sangat tinggi, kita berharap kedepan masyarakat tidak lagi mengalami penderitaan yang sama dan rumah masyarakat tidak tergenang lagi oleh air," ujar Risnawanto.


Berdasarkan perencanaan tersebut masyarakat setempat telah menyetujui jika sendimen drainase aliran Batang Rumbai tersebut diperbaiki. Hal tersebut sesuai dengan harapan masyarakat setempat yang menginginkan perbaikan tersebut.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Talu Mahyu Danil mengatakan ada 4 rumah warga yang terdampak akibat meluapnya aliran Batang Rumbai pada 13 Agustus lalu. "Namun, jika aliran sungai meluap lebih besar lagi nantinya, ditakutkan akan berdampak pada 40 ha sawah masyarakat yang berada di sini,"kata Mahyu Danil.

"Memang aliran Batang Rumbai ini terlihat biasa saja saat kondisi normal. Namun, kondisi hujan akan berbeda, air sungai akan sampai ke jalan dan mengancam rumah warga. Makanya masyarakat berharap ada perbaikan atau normalisasi batang Rumbai ini," jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Isman (60) warga Tabek Sirah yang rumahnya terdampak banjir,   berharap Pemda dapat memperbaiki kondisi Batang Rumbai ini.

"Dengan kedatangan Bapak Wabup Risnawanto di sini, kami berharap kondisi ini secepatnya diperbaiki. Agar rumah kami dan rumah beberapa warga lainnya bisa terhindar dari bencana banjir,"ungkapnya.

(Dodi Ifanda Rang Talu)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre