Breaking News

 


 TNI AL BANTU PEMPROV BABEL SUPLAI KELANGKAAN OKSIGEN DI MASA PANDEMI COVID-19



Bangka Belitung - Figurnews.com -Kelangkaan oksigen di masa Pandemi Covid-19 dirasakan oleh beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kepulauan Bangka Belitung. Menindaklanjuti hal tersebut, Gubernur Babel Erzaldi Roesman berkoordinasi dengan Komandan Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan untuk mencari solusi.

 Dari hasil koordinasi tersebut, Komandan Lanal Babel kemudian melaporkan secara berjenjang ke pimpinan dan mendapat persetujuan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan mengirimkan KRI Semarang-594 yang rencananya berangkat dari Pangkalan Surabaya pada hari Minggu (8/8) pukul 15.00 WIB menuju ke Babel dan diperkirakan tiba di Perairan Belitung Selasa pagi (10/8/2021).

KRI Semarang-594 merupakan jenis Kapal BRS (Bantu Rumah Sakit) buatan PT. PAL Surabaya memiliki panjang 124 meter dan lebar 21,8 meter serta diawaki oleh 146 personel.

Sebagai Kapal Bantu Rumah Sakit, KRI Semarang-594 memiliki kemampuan medis yakni Kontainer Medis Ruang Oxygen Generator yang mampu memproduksi oksigen secara terus menerus selama 24 jam dan dapat menghasilkan pengisian O² dalam sehari sebanyak 72.000 liter. Kapal ini juga dilengkapi Kontainer Medis Ruang Laboratorium, Kontainer Medis Ruang Laundry, Kontainer Medis Ruang CSSD (Central Sterile Supply Departement),  Kontainer Medis Ruang Operasi 1, Kontainer Medis Ruang Operasi 2, Kontainer Medis Ruang Perawatan, Kontainer Medis Ruang Perawatan 2, Kontainer Medis Ruang Radiologi/Rontgen dan Tenda Isolasi bertekanan negatif.

Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan menyampaikan bahwa keberadan KRI Semarang-594 sebagai wujud kerjasama TNI AL dengan Pemprov  Babel dalam rangka untuk membantu memback up rumah sakit di Belitung yang saat ini alat produksi oksigennya mengalami kerusakan, sehingga diharapkan dapat membantu mengatasi kelangkaan oksigen dibeberapa rumah sakit di masa Pandemi Covid-19.

“Nantinya KRI Semarang-594 akan lego jangkar disekitar Tanjungpandan, selanjutnya oksigen-oksigen akan ditransfer menggunakan Landing Craft Utility (LCU) ke darat, untuk seterusnya disalurkan ke beberapa rumah sakit yang mengalami kekurangan oksigen di wilayah Babel,”  ujar Danlanal Babel. 


Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Roesman menyambut baik hal ini dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL yang telah mengirimkan bantuan oksigen melalui KRI Semarang-594, semoga permasalahan kelangkaan oksigen di wilayah Kepulauan Babel dapat segera teratasi. 

“Selama ini Pemprov Babel telah melaksanakan kerjasama dengan pihak TNI AL dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. antara lain dengan serbuan vaksin, monitoring dan penegakan PPKM, dan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan 5M secara disiplin," terangnya.

(DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre