Breaking News

 

 
 

 

Wako Solok Zul Elfian : Himbauan Vaksinasi Bukan Ancaman Untuk Masyarakat Tapi Untuk mencegah Covid-19


Kota Solok ,Figurnews.com-

Terkait dengan isu yang sangat center dan tumbuh menjadi pembicaraan hangat ditengah tengah masyarakat kota Solok belakangan ini, tentang adanya paksaan dan bahkan ancaman kepada masyarakat yang tidak mau divaksinasi, akhirnya walikota Solok H.Zul Elfian Umar angkat bicara.

Dalam hal itu walikota yang telah dua periode memimpin pemerintahan tersebut, mengatakan bahwa itu bukan paksaan atau ancaman, tetapi himbauan atau ajakan yang disampaikan kepada masyarakat agar mau melakukan vaksinasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Pembicaraan yang menjadi isu center tersebut berawal dari surat edaran yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan kota Solok nomor 442/1515/Dkes/VI-2021 tertanggal 23 Juni 2021 tentang percepatan peningkatan capaian cakupan vaksinasi Covid-19 dikota Solok.

Namun dalam pelaksanaannya disinyalir pemerintah daerah melalui instansi lainnya, mengait ngaitkan himbauan untuk melakukan vaksinasi tersebut dengan pengurusan administrasi yang akan dilakukan oleh masyarakat di pemerintahan yang ada, dan bahkan apapun urusan yang dilakukan harus menunjukan bukti bahwa telah memiliki surat vaksinasi.

Karena isu itu semakin blunder ditengah tengah masyarakat dan telah menjadi konsumsi umum, akhirnya isu tersebut ditanggapi dan menjadi pembahasan di gedung DPRD kota Solok oleh anggota dewan yang ada, dan berlanjut menjadi pandangan umum salah satu fraksi DPRD kota Solok.

Terkait dengan hal itu, Fraksi Solok Adil Makmur DPRD kota Solok menilai bahwa pemerintah daerah telah memaksa dan bahkan mengancam masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan bagi yang tidak akan dikaitkan dengan pengurusan administrasi yang ada, sebab dari itu Fraksi tersebut merekomendasikan atau menyarankan agar pemerintah daerah melalui instansi terkait meninjau kembali surat edaran tersebut.

Dengan telah diangkatnya isu tersebut di DPRD kota Solok dan telah menjadi pandangan umum Fraksi DPRD yang ada, sehingga blundernya isu tersebut semakin meningkat, dan masyarakat seakan akan terlindungi oleh wakilnya di DPRD setempat.

Berdasarkan dari pada itu, sebagai walikota Solok H.Zul Elfian Umar juga tidak menginginkan keresahan terjadi ditengah tengah masyarakat yang dipimpinnya, dan mencoba untuk meluruskan keadaan dan isu yang ada.

Terkait dengan hal itu, kepada Figurnews, com Jumat 2 Juli 2021, diruang kerjanya, walikota Solok menyebutkan bahwa itu bukan sebuah paksaan ataupun ancaman untuk masyarakat agar melakukan vaksinasi, namun surat edaran itu adalah himbauan untuk masyarakat agar melakukan vaksinasi dalam upaya mempercepat memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang disinyalir bisa mematikan tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa serangan virus Corona belakangan ini semakin menggila sehingga belum ada yang tau kapan berakhirnya, dan hal itu juga telah menjadi masalah nasional sehingga para petinggi atau pemangku jabatan ditingkat pusat melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan keadaan seperti sediakala.

Seperti peraturan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian kesehatan RI melalui Permenkes nomor 10 tahun 2021, pasal 41 bab VIII

yang mengatakan bahwa pemerintah pusat ataupun daerah harus menyusun dan melaksanakan strategi komunikasi dengan meningkatkan pemahaman, sikap, dan perilaku masyarakat agar termotifasi untuk ikut mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan dari pada itu, pemerintah daerah melalui dinas terkait mengimplementasikan peraturan tersebut, seperti surat edaran yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan kota Solok, yang menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi dalam upaya menyelamatkan masyarakat itu sendiri dari ancaman virus Corona.

Terkait dengan rujukan yang diberikan oleh Fraksi Solok Adil Makmur DPRD kota Solok, walikota Solok mengatakan akan segera menindak lanjutinya, dan telah perintahkan dinas terkait untuk melaksanakan rujukan tersebut.

Namun terkait dengan isu yang menyebutkan bahwa Vaksinasi akan di kait kaitkan dengan pengurusan adminstrasi yang akan dilakukan oleh masyarakat, itu bukanlah sebuah kebijakan walikota Solok, dan bisa jadi isu tersebut sengaja dihembuskan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab 

Namun walaupun demikian, walikota Solok tetap mengharapkan agar masyarakat daerah setempat mau untuk konfiratif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

" Apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah pasti yang terbaik untuk masyarakat, dan diharapakan masyarakat bisa menyikapi dan menyaring setiap isu isu yang berhembus " ungkap walikota Solok mengakhiri. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre