Breaking News

 


Sosialisasi PP Nomor 11/2021 Tentang Bumnag dan Permendes PDTT

 


Tanah Datar, Figurnews.com

Kadis PMDPPKB Nofenril menyebutkan saat ini sudah berdiri 75 Bumnag di Kabupaten Tanah Datar.

“Seluruh nagari sudah ada Bumnag di Tanah Datar, namun memang belum semua menunjukkan perkembangan dan kemajuan yang diharapkan,” sebut Nofenril, Saat Sosialisasi  PP Nomor 11/2021 di Aula Kantor Bupati, Rabu (28/7/2021).

Nofenril mengatakan akumulasi penyertaan modal dari Dana Desa untuk Bumnag se-Tanah Datar sekitar Rp. 12 Miliar, masing-masing nagari bervariasi. Tercatat 40 Bumnag penyertaan modalnya kurang dari Rp. 200 juta dan 25 Bumnag penyertaan modalnya Rp.200 juta sampai Rp.650 juta,-. 

"Sementara 10 Bumnag belum aktif karena belum adanya usaha dan penyertaan modal dari nagari", sebutnya.

Dijelaskan juga Bumnag di Tanah Datar bergerak pada penyediaan barang dan jasa, pariwisata dan souvenir, pertanian/peternakan dan pengelolaan air bersih. 

“Kita berharap melalui kegiatan ini Camat bisa mendorong pemerintah nagari, bersama-sama memajukan Bumnag dan pada akhirnya nanti Sisa Hasil Usahanya mampu menyumbang ke Pendapatan Hasil Nagari,” ungkapnya. 

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan yang diikuti Camat dan Walinagari se-Tanah Datar yaitu Kadis PMD Provinsi Sumatera Barat Syafrizal, Koordinator TPP Provinsi Sumbar Sigito dan Kabid UEM dan Kawasan Pedesaan Dinas PMD Sumbar Desrianto Boy. (SUTAN/Hms)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre