Breaking News

 


Serahkan 10 Konseler di Padang Tujuah, Ini Pesan Syamsul Bahri Kepada Bupati dan Wabup Pasaman Barat

Syamsul Bahri Anggota DPRD Provinsi Sumbar (Kiri)
Ronal Dodya Restu (Kanan) Anggota DPRD Kabupaten Pasbar 

"Jangan hanya euforia kemenangan saja. Bekerjalah untuk mencari anggaran untuk membangun Pasbar," pesannya.

Pasaman Barat, Figurnews.com

Pada momen Bulan Bung Karno tahun 2021, Syamsul Bahri Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi PDIP yang juga wakil ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sumatera Barat  menyumbangkan sepuluh unit Konseler atau mesin perontok jagung kepada 3 kelompok tani (Keltan) di Kabupaten Pasaman Barat.

Penyerahan bantuan itu berlangsung di gudang jagung GOR Padang Tujuah Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman, dan didamping Ronal Dodya Restu, S.Kom, M.TI Anggota DPRD (PDIP) kabupaten Pasaman Barat, Disbun TPH Provinsi Sumatera Barat serta Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (9/7/2021).

Syamsul Bahri menyebutkan, bantuan tersebut merupakan anggaran aspirasi atau Pokir Tahun Anggaran 2021 diperuntukkan untuk kelompok Keltan yang juga binaan Ronal Dodya.

"Alhamdulillah, pada momen bulan Bung Karno ini. Kita anggota Propinsi Sumbar Dapil Pasbar dan Pasaman menyalurkan mesin perontok jagung. Jenis Konselor mesin diesel 8,5 PK kepada kelompok tani yang bergiat di komoniti jagung kering " sebut Syamsul Bahri

Lebih lanjut, Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Sumbar bidang pemerintahan, hukum, pertanian dan kepegawaian mengungkapkan “Ini bentuk kepedulian kita dengan warga, sebab disituasi sulit ini sekecil apapun yang kita sumbangkan tentu menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan ekonomi karena pandemi,” kata Syamsul Bahri.

Ia menjelaskan, sepuluh mesin perontok jagung diserahkan kepada 3 kelompok petani antara lain, Banda Harapan I, Banja Harapan II, Keltan Sukajadi.

"Insyaallah Sabtu  (10/7) besok, Kita juga menyerahkan alat panen padi Komben D 70  seharga 560 juta peruntukan keltan di Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan. 

"Kemudian Minggu depan kita salurkan juga mesin bajak kura-kura sebanyak 4 unit untuk 4 kelompok Keltan di Talu Kecamatan Talamau," urainya.

Kembali Syamsul sebut, bantuan diserahkan secara kelompok tani itu. “Namun, nantinya petani lainnya juga bisa memakai alat itu  kepada sipenanggungjawab Keltan tersebut, tentu musti jaga dan rawat mesin biar berkelangsungan,” ucapnya.

Penyaluran bantuan ini sebagai kepedulian atas dampak Covid-19 kepada petani. “Kita berharap, para petani jagung kita bisa terbantu untuk mengurangi/memotong biaya sewa perontok jagung,” sebutnya.

Kegiatan penyerahan bantuan alat pertanian ini menyemarakkan Bulan Bung Karno  ini memang menjadi inspirasi bagi seluruh pengurus, kader dan simpatisan PDIP se-Indonesia.

Proses perjuangan dan pemikiran dari Presiden RI pertama ini tidak hanya untuk saat itu saja. Melainkan untuk tahun-tahun ke depan hingga sekarang ini.

Sekaligus himbauan kepada masyarakat dalam meningkatkan kedisiplinan Prokes dan menjaga kesehatan saat kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini.

"Tahun 2021 ini, DPRD propinsi Sumbar juga anggarkan pembangunan untuk lanjutan jalan Talu Lubuk Sikaping via Tonang sebanyak 3 Miliar, sekarang sedang proses Lelang," ungkapnya.

Syamsul Bahri juga berpesan kepada bupati dan wakil bupati Pasaman Barat, agar selalu instern berkomunikasi kepada pihak Pusat.

"Jangan hanya euforia kemenangan saja. Bekerjalah untuk mencari anggaran untuk membangun Pasbar," pesannya.

"Pemkab Pasbar harus gesit melobi dana anggaran ke pusat, Bupati jangan hanya mengandalkan DAU turun tanpa melobi  banggar di DPR RI. Kalau hanya menunggu saja tentu sulit membangun Pasbar selama tiga tahun kedepan, loh," pungkas Syamsul Bahri.

Pada kesempatan itu, Ronal Dodya Restu, S.Kom, M.TI mengatakan "Terimakasih kepada bapak Syamsul Bahri , harga jagung saat ini lagi bagus, semoga dapat menopang ekonomi masyarakat saat ini,"

“Kita berupaya mendukung petani untuk terus mengembangkan komoditas jagung penopang ekonomi masyarakat di Pasbar,” kata Dody.

Sama halnya Afdal Kabid Tanaman pangan dan hortikultura DTPHP Kabupaten Pasaman Barat yang mendampingi Lili Suryani Kasi Pasca Panen Disbun TPH Provinsi Sumatera Barat.

"Terimakasih kepada bapak Syamsul Bahri salah seorang perwakilan masyarakat di DPRD Propinsi Sumbar yang menyalurkan Alat pertanian, dan kepada warga petani agar dapat menggunakan mesin konseler itu dengan benar, juga merawatnya," ungkapnya mengakhiri.

Chanel YouTube Dodi Ifanda Maimbau

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre