Breaking News

 


Selain Cara Pengolahan, Ny. Bagus Mardyanto Sebutkan Manfaat VCO bagi Tubuh

Foto: Sejumlah Persit Kartika Chandra Kirana LXXIV Kodim/0319 Mentawai tengah mengolah kelapa menjadi VCO. 

MENTAWAI. FN- Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) bagi kesehatan tubuh sangatlah berkhasiat. Maka melalui itu, sejumlah Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana LXXIV Kodim/0319 Mentawai mengolah kelapa menjadi VCO. 

Pengolahan itu adalah sebagai pengembangan hasil pertanian berupa kelapa menjadi suplemen berkhasiat bagi kesehatan tubuh. 

Hal itu diungkap Ketua Persit Kartika Chandra Kirana LXXIV Kodim/0319 Mentawai, Ny. Bagus Mardyanto bahwa produk VCO merupakan pengolahan sejumlah Persit di Makodim/0319 Mentawai mengunakan teknologi sederhana. 

"VCO merupakan salah satu olahan minyak esensial yang terbuat dari kelapa, dimana proses pembuatannya tanpa pemanasan dan tidak disertai campuran dari bahan kimia," ungkap Ny. Bagus Mardyanto. Kamis, (29/072021). 

Menurutnya, produk VCO bersifat anti biotik. Pasalnya, VCO merupakan salah satu minyak esensial memiliki kandungan antibiotik baik bagi kesehatan tubuh. 

Selanjutnya, dapat mencegah dan memperlambat proses sintesa protein dari bakteri. Kemudian memiliki kandungan anti jamur. Dimana, kandungan ini dapat membunuh jamur pada kulit, seperti panu dan kutu air. 

"VCO memiliki kandungan anti bakteri, dimana dapat menangkal masuknya bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit, lalu merangsang sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan metabolisme tubuh," tambahnya. 

Selain itu lanjutnya, VCO berguna meningkatkan stamina, pencernaan, meredakan stres pada organ pankreas, mencegah osteoporosis, mencegah hipertensi, membersihkan area kulit yang mengalami luka, menghaluskan kulit dan menjaga kesehatan rambut dari ketombe serta mengoptimalkan penyerapan kalsium dan imagnesium. 

Ny. Bagus Mardyanto mengatakan manfaat produk industri rumahan itupun telah disosialisasikan kepada seluruh anggota Persit di wilayah kerja Kodim 0319/Mentawai 

"Kelapa ini  banyak di Mentawai dan kamipun berpikir untuk mengembangkannya agar bermanfaat bagi masyarakat, pastinya kelapa ini bukan untuk kopra saja ataupun dimakan, tetapi juga bermanfaat sebagai suplemen yang menyehatkan," terang Ny. Bagus Mardyanto 

Adapun tahapan pembuatannya disebutkan antara lain, Mengupas kulit kelapa segar, Parut dengan mesin rautan atau manual, peras parutan kelapa dengan mesin peras atau manual, Saring santan ke dalam wadah dan diamkan selama ±45, terbentuk dua lapisan atau bagian atas krim, tengah krim dari air dengan krim menggunakan selang. 

Selanjutnya, mixer cream (santan kental) yang sudah dipisah, diamkan santan selama ± 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan yaitu blondo VCO dan air, Ambil VCO menggunakan sendok atau saring VCO dengan kertas sari atau kapas dan VCO siap pakai. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre