Breaking News

 


Peningkatan Kualitas Kader Posyandu Balita


Solok,Figurnews,com -

Dinas Kesehatan Kota Solok adakan pelatihan Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita se-kota Solok di Aula Dinas Kesehatan.

Pelatihan khusus bagi ibu-ibu Kader Posyandu ini diadakan selama dua hari pada tanggal 1 & 2 Juni 2021 dengan narasumber Niko Rianda Putra, MKM selaku Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi,” jelas Niko Rianda Putra mengawali materinya di hadapan seluruh kader yang hadir sebanyak 85 orang peserta.

Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, lanjutnya, adalah proses pemberian informasi kepada individu, keluarga atau kelompok secara terus menerus dan berkesinambungan mengikuti perkembangan keadaan lingkungan sosial setempat.

“Meningkatnya peran serta masyarakat dalam penyelenggaran Posyandu dipengaruhi oleh kualitas Kader Posyandu yang memiliki kemampuan dan kualitas dalam penyelenggaraan Posyandu sehingga apa yang menjadi tujuan dari Posyandu akan terwujud dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Dalam pelatihan ini para Kader Posyandu dibekali pengetahuan tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum Posyandu dimulai. Langkah awal yang perlu dilakukan kader adalah menyebarluaskan hari buka Posyandu, berikutnya mempersiapkan sarana Posyandu, pembagian tugas antar kader, berkoordinasi dengan petugas kesehatan, mempersiapkan bahan PMT (pemberian makanan tambahan) setelah itu barulah dilakukan penyuluhan.

Kader Posyandu membantu petugas kesehatan dengan tugas-tugas diantaranya melakukan penimbangan Balita dan Ibu hamil, mencatat hasil penimbangan di buku KIA atau KMS, mengisi buku register Posyandu, mengukur LILA Ibu hamil, membantu melakukan penyuluhan dan konseling kesehatan dan gizi sesuai hasil penimbangan serta pemberian makanan tambahan. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre