Breaking News

 


Pemko Solok Ingin Pertahankan Predikat Sangat Inovatif


Solok, Figurnews, com -

Berbeda dari tahun sebelumnya, pengisian data Indeks Inovasi Daerah dilaksanakan sepenuhnya oleh Balitbang berdasarkan data yang diterima dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun untuk efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan maka tahun ini pengisian data tersebut dilakukan oleh operator yang ditunjuk oleh setiap OPD.

Pemerintah Kota Solok melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) telah bersiap dan bertekad untuk mempertahankan prediket sangat inovatif dalam penganugerahan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemda dalam penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif.

Pelaporan inovasi daerah diawali dengan melakukan pengisian data secara elektronik mulai bulan Juni 2021 hingga 13 Agustus 2021 melalui website yang telah disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Inovasi daerah yang dilaporkan merupakan inovasi yang telah diterapkan sejak 1 Januari 2019 sampai dengan 31 Desember 2020.

Sebagai langkah awal, Balitbang Kota Solok mengadakan sosialisasi bagi operator dari setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok. Operator dan koordinator inovasi dari masing-masing OPD ditetapkan dengan Surat Keputusan Sekretaris Daerah Kota Solok.

Sosialisasi penilaian Indeks Inovasi Daerah dan penghargaan IGA bagi operator OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok diadakan di ruangan aula Balitbang Kota Solok, Selasa (6/7) lalu. Pelaksanaan sosialisasi ini dimotori oleh Bidang Ekonomi, Sosial dan Pemerintahan Balitbang.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengarahan secara langsung kepada operator masing-masing OPD terkait teknis pengisian data pada indeks inovasi daerah,” kata Drs. Indrafelli, MM Kabid Ekonomi Sosial dan Pemerintahan Balitbang Kota Solok dalam arahannya mewakili kepala badan.

Indrafelli menambahkan, Balitbang juga membentuk klinik inovasi yang bertujuan untuk memudahkan OPD dalam berkonsultasi mengenai inovasi termasuk berkonsultasi mengenai penilaian Indeks Inovasi Daerah dan penghargaan IGA.

“Upaya ini dilakukan oleh Balitbang Kota Solok dengan harapan Pemerintah Kota Solok dapat mengikuti penilaian Indeks Inovasi Daerah dengan baik dan memperoleh hasil terbaik melalui IGA. Semoga dengan besarnya antusiasme peserta, seluruh OPD dapat bersinergi dalam menyukseskan penilaian Innovative Government Award 2021,” tutup Indrafelli.

Pada penilaian IGA 2020 lalu dengan jumlah inovasi yang terlaporkan banyak 14.897 inovasi, terpilih sebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota. Pemerintah Kota Solok menjadi salah satu dari 195 Pemda yang mendapatkan penghargaan itu.

Kedua, sebanyak 44 pemerintah daerah dengan predikat inovatif yang terdiri dari 3 provinsi, 30 kabupaten dan 11 kota. Ketiga, sebanyak 245 pemerintah daerah dengan kategori kurang inovatif yang terdiri dari 10 provinsi, 199 kabupaten dan 36 kota. Keempat, 58 pemerintah daerah dengan kategori tidak dapat dinilai atau disclaimer yang terdiri dari 55 kabupaten dan 3 kota karena tidak melakukan inputing data.(Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre