Breaking News

 

 
 

 

Kasat Binmas Edukasi Mahasiswa Soal PPKM di Mentawai

Foto: Kasat Binmas, AKP. Mulyadi saat berikan edukasi PPKM dan pesan Kamtibmas didampingi Ketua PDD AKN Mentawai, Seminar Siritoitet. Jumat, (17/07/2021).

MENTAWAI. FN- Dalam upaya pegendalian, pencegahan dan penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai, Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas), AKP. Mulyadi beri edukasi Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terhadap Mahasiswa.  

Penyampaian edukasi terhadap Mahasiswa Program Studi Diluar (PDD) Politeknik Negeri Lampung rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mentawai itu dilaksanakan di kampus setempat, Jl. Raya Km-09, Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumat, (17/07/2021). 

Kasat Binmas mengatakan, sebelumnya pemerintah mengeluarkan aturan PPKM Darurat yang tertuang dalam Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali yang berlaku mulai 3 Juli 2021. 

Kemudian direvisi dengan Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2021 tentang perubahan ketiga Menteri dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali. 

"Sebelum PPKM ini, dulu pemerintah mengeluarkan aturan PSBB yaitu pembatasan sosial berskala besar pada tahun 2020 lalu, dimana pergerakan masyarakat diperketat," ungkap AKP. Mulyadi pada sambutannya di ruang kelas kampus. 

Menurutnya, PPKM darurat diberlakukan akibat banyaknya Masyarakat terpapar COVID-19. Data pada hari Kamis, 15 Juli 2021 lalu tercatat sebanyak 59.688 orang se Indonesia terpapar COVID-19. Sedangkan di Mentawai ada sebanyak 35 orang pada Rabu, 14 Juli 2021. 

"Kalau tidak secara disiplin menjalani protokol kesehatan, kemungkinan besar Mentawai bisa menjadi darurat," tambah Kasat Binmas. 

Selanjutnya dijelaskan AKP. Mulyadi bahwa saat ini Mentawai masih terbatas sarana dan prasarana karantina. Makanya, pada 13 sampai 30 Juli 2021 ke luar Mentawai dibatasi. Hal itu mengingat di Provinsi Sumatera Barat saat ini telah mengkwatirkan. 

"Bila kita ke Padang mesti memiliki surat rapid antigen, apalagi kalau dari Padang kesini, kami Anggota Polri mesti melampirkan surat tugas, rapid antigen dan surat vaksin," terangnya. 

Fungsi Vaksin terhadap tubuh dikatakan guna membentengi masuknya virus korona kedalam tubuh. "Virus yang divaksin kedalam tubuh kita itu berfungsi untuk melawan virus korona yang akan masuk kedalam tubuh kita, kalau bahasa medisnya kontrol bodi," tutup Kasat Binmas Polres Mentawai. 

Sementara itu Ketua PDD AKN Mentawai, Seminar Siritoitet menyampaikan terima kasih kepada Kasat Binmas Polres Mentawai telah memberikan edukasi tentang PPKM kepada Citivitas Akademi.

Selain itu, Seminar Siritoitet juga menghimbau agar Dosen, Admin dan Staf serta Mahasiswa tetap mematuhi pesan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dari Kasat Binmas.

"Hal itu dilakukan menyangkut diri dan jiwa kita sendiri, seperti main judi tidak boleh, dan dalam berkendara harus mematuhi peraturan lalu lintas,". (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre