Breaking News

 

 
 

 

Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat Pindah, Ini Lokasinya

Kantor BPJS Kesehatan Pasaman Barat



Pasaman Barat, Figurnews.com


Kantor BPJS Kesehatan Pasaman Barat pindah ke Jalan Lintas Siti Manggopoh, Lingkuang Aua, Pasaman Barat, 

Kepala BPJS Kesehatan Pasaman Barat Fuad Cahyadi mengatakan "Ya benar, kantor BPJS kesehatan Pasaman Barat sudah pindah dari Jalan Prof. Hamka No.61, Simpang Ampek, sekarang disamping Mandiri Taspen atau dekat SMA Al- Istiqomah dekat Batang Haluan Simpang Ampek," sebutnya, Rabu

Klik Search Lokasi Kantor BPJS Kesehatan Pasaman Barat 

https://g.co/kgs/QGDH6D

Haji Fuad juga mengatakan "Dalam masa pandemi covid19 dan Revolusi Digital 4.0, Peserta juga bisa langsung mengakakses Layanan Program JKN KIS dari rumah atau tempat kerja masing-masing,"

Untuk pelayanan pengurusan kartu Indonesia Sehat (KIS) baru dan perubahan data-data, bisa melalui WA (Pandawa) di nomor 082173112717

"Lalu untuk pengecekan keaktivan KIS, iuran, dan lokasi atau alamat peserta dan lain-lain agar dilakukan melalui WA ke Nomor Costumer Service  08118750400," jelasnya.

"Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman Barat, mari ikut menjadi Peserta JKN-KIS, kita juga ada berbagai kemudahan dalam pendaftaran, supaya tidak mengantri di kantor. 

Sekarang bisa mendaftar secara online. semua ada dalam genggaman, temukan  kemudahan menggunakan Aplikasi JKN mobile" pungkasnya.

Silahkan unduh aplikasi MOBILE JKN di play store  pada link:

https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile

Manfaat Aplikasi Mobile JKN untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui Informasi Data Peserta dan Keluarga. 

Bisa juga mengetahui informasi tagihan dan Pembayaran Iuran, informasi Pembayaran Iuran Mendapat Pelayanan di Fasilitas Kesehatan (KIS Digital) Menyampailan pengaduan dan Informasi seputar JKN -KIS

"Dengan adanya aplikasi Mobile JKN, kita berharap  bisa mengurangi warga yang berkerumun, ngantri di kantor BPJS ini," harap Fuad yang baru beberapa bulan bertugas di BPJS kesehatan Pasbar.

"Kondisi kantor BPJS Kesehatan Cabang Pasbar memang sudah berubah. Hal ini sebagai upaya agar tidak ada kerumunan masyarakat seperti yang biasanya terjadi," kata Fuad.

Mantan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Bengkalis ini menambahkan, biasanya masyarakat terutama peserta BPJS Kesehatan  berdesakkan di ruang tunggu.

"Belum lagi kalau ada peserta yang membawa keluarganya sehingga ruang tunggu makin penuh. Meski kami sudah berusaha agar ada jarak minimal semeter termasuk  kami memberi tanda dikursi tamu  untuk jaga jarak," ucapnya.

"Apalagi dengan jumlah penduduk dan luas wilayah Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 11 kecamatan, 19 Nagari, sehingga biasanya warga datang ke BPJS Kesehatan sebelum kantor buka," urainya.

Pak Haji Fuad menginformasikan juga,untuk hubungan lebih erat dengan masyarakat maka BPJS Kesehatan Pasaman Barat. BPJS kesehatan Pasbar juga telah bermitra dengan 3 Kader JKN atas nama;

Kader JKN 

1. Bapak Dodi Ifanda, SH 

(HP +6281270629740)

2. Bapak Bobi M. Saputra, SH 

(HP. +6285271993119)

3. Bapak Zainal Anwar 

(HP. +6281266955656)

Kader JKN-KIS tambah Haji Fuad merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Program JKN-KIS dan diharapkan akan mengoptimalkan sosialisasi, edukasi, serta pengingat dan pengumpul iuran. 

Kader JKN-KIS merupakan orang yang memiliki kapasitas sesuai dengan kriteria dan direkrut oleh BPJS Kesehatan untuk melakukan fungsi tertentu yaitu fungsi sosialisasi (pemasaran sosial), mempersiapkan peserta, pengingat dan pengumpulan iuran.

"Kader JKN-KIS memiliki fungsi pemasaran sosial yang bertujuan dapat mengubah perilaku masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta PBPU dan membayar iuran secara rutin. Secara berkala, peserta dan calon peserta JKN-KIS akan diberi edukasi melalui kunjungan-kunjungan agar tertib dalam melaksanakan kewajiban membayar iuran serta memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan," jelasnya.

Selain itu, Kader JKN-KIS juga berfungsi sebagai pengingat dan pengumpul iuran, baik kepada peserta PBPU yang aktif maupun menunggak. Kader JKN-KIS juga berprofesi sebagai agen PPOB, sehingga apabila peserta ingin melakukan pembayaran iuran bulanan dapat langsung melalui Kader JKN-KIS tersebut. 

Sebelum mereka diterjunkan ke lapangan, setiap Kader telah mendapatkan pelatihan/pembekalan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi dari Kader JKN-KIS. Setiap Kader mengelola peserta di sekitar wilayahnya, yang rutin mereka kunjungi dan edukasi. 

“Saat menjalankan tugas dan fungsi setiap hari, para Kader JKN-KIS selalu menggunakan aparatus resmi Kader JKN-KIS yang terdiri dari rompi, topi, name tag dan pin yang akan menjadi Kader JKN-KIS. Selain itu, saat ini para Kader harus membawa serta Surat Tugas sebagai Kader JKN-KIS yang ditandatangani oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan setempat. Hal ini perlu diketahui oleh masyarakat agar tidak terjadi kejahatan yang merugikan,” jelasnya.

Program Kader JKN-KIS juga tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan semua pihak mitra BPJS Kesehatan, para pemangku kepentingan, Pemerintah Daerah, Pihak wali Nagari setempat serta mitra-mitra lainnya.

"Mohon semua pihak mendukung BPJS Kesehatan dalam mewujudkan Jaminan Kesehatan yang berkualitas bagi seluruh penduduk Pasaman Barat," harap Fuad mengakhiri


(Dodi Ifanda)


klik link berikut untuk Skrining Kesehatan kita semua :

https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id/skrining/index.html

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre