Breaking News

 


Inilah Agenda Penobatan Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny.ZA,MM.SI Pucuak Adaik TALU


Penobatan Tuanku Bosa XV
Senin 2 Agustus 2021 di Rumah Gadang Koto Dalam Talu , Talamau

Pasaman Barat, Figurnews.com--Penobatan Tuanku Bosa XV Pucuak Adaik Nagari Talu sudah hampir fix.

Rangkaian kegiatan Penobatan Tuanku Bosa ke XV sudah diselenggarakan sejak Kamis 29 Juli 2021. Penobatan akan dilaksanakan pada 2 Agustus 2021. 

Ketua Panitia pelaksana Yondrizal, MH menyampaikan agenda acara adat istiadat jelang penobatan sudah terlaksana diantaranya adalah Maanta Dagiang Bataduah yaitu mengantarkan bahan-bahan yang akan di masak, oleh dunsanak 24 Andiko dan pangulu yang ada di nagari salingka Adaik Kabuntaran Nagari Talu.

Bundo Kandung dan Puti Koto Dalam serta Puti Toluak Ombun 


"Kegiatan maanta dagiang batoduah ini dimulai sejak 29 Juli 2021 sampai 31 Juli 2021, dari masing masing kampuang ke Rumah Godang Talu di kampung Koto Dalam, Talu kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumbar," kata Yondrizal di Talu, Sabtu.

"Alhamdulillah rangkaian acara Penobatan Tuanku Bosa XV telah dimulai sejak Kamis kemaren. Maanta dagiang batoduahn ini merupakan bentuk partisipasi andiko dan pangulu atas penobatan Tuanku Bosa XV yang akan dihelat Senin 2 agustus 2021," ujarnya.

Ia menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada andiko dan pangulu yang telah membantu panitia pelaksana dalam meringankan perhelatan akbar awal Agustus 

Sementara pada Hari Jumat 30 Juli 2021 rangkaian kegiatan adalah ziarah ke  makam Tuanku Bosa XIV, Fadlan Maaalip dan Tuanku Bosa yang sudah mendahului kita termasuk ziarah ke kuburan Puti Tuanku Bosa di Taluak Ambun Nagari Sinuruik.

Sabtu 31 Juli 2021 sekira jam 10.00 dilakukan penyembelihan kerbau sebagai kebesaran dan kemuliaan adat istiadat Minangkabau. 

"Dalam kegiatan ini hadir Tuanku Bosa XV beserta permaisuri dan para Puti Tuanku Bosa  Koto Dalam beserta Puti dari Toluak Ombun," jelasnya.

Tuanku Bosa XV yang akan dinobatkan pada tanggal 2 Agustus 2021 adalah Ir. H. Jhonny.ZA,MM.SI. Penobatan ini akan diikuti secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Sedangkan penobatan secara langsung di Rumah Godang Talu akan dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyuang, Bupati dan Muspida Kabupaten Pasaman Barat, Bupati dan muspida Kabupaten Pasaman, Tuanku Riska Sutan Kerajaan dari Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya selaku Pengurus Harian Limbago Tinggi Adat Minangkabau.

Akan dihadiri juga anggota DPR RI Nevi Zuairina serta Camat dan Muspika kecamatan Talamau dan undangan lainnya.

"Insyaallah para ketua kerapatan adat nagari (KAN) se kabupaten Pasaman Barat dan Andiko serta pangulu gadiang balalai datuak yang ada di Talu," imbuh Yondrizal.

Lebih lanjut ia menambahkan digelarnya penobatan ini dalam masa pandemi covid-19 panitia telah menyiapkan sarana dan fasilitas untuk mencegah penularan covid 19 berupa tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker dan pengukur suhu tubuh termogun.

Panitia sangat menekankan agar seluruh tamu dan undangan yang akan menghadiri acara tetap mematuhi protokol kesehatan memakai masker sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Untuk mencegah kerumunan masyarakat maka panitia telah menyiapkan aplikasi zoom meeting dan live streaming YouTube melalui Diskominfo Pasbar Chanel dan Diskominfo Sumbar.

"Kita sangat mengapresiasi dukungan seluruh pihak untuk mensukseskan kegiatan sakral ini, dalam rangka memelihara kelestarian adat dan budaya di Minangkabau," tutup Yondrizal.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre