Breaking News

 


Ini Kiat UPK dalam memberantas Rentenir di Tanah Datar

Tanah Datar, Figurnews.com

Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) ex.Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNMPM), siap membatu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan terutama Masalah rentenir.

Kepala Unit UPK Tuanku Lintau Dedi Effendi didampingi konsultan, Ketua Umum Asosiasi UPK Sumatera Barat Diana Eka Putri, perwakilan UPK dan Badan Pengurus Perkumpulan (BPP),  menyampaikan UPK siap mendukung pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami merasa tergugah dan terpanggil ketika Bapak Bupati menyampaikan punya program memberantas rentenir di Tanah Datar beberapa waktu lalu. Selanjutkan kami segera mendiskusikannya. Alhamdulillah kita juga siap turut berkontribusi melalui program bantuan bergulir,” sampai Dedi, saat berdialog dengan Bupati Eka Putra diruang kerjanya, Rabu (14/7/2021).

Dedi katakan, seluruh UPK di kecamatan yang mengelola dana bergulir di Tanah Datar punya  potensi ikut mensukseskan program ini.

“UPK se-Tanah Datar punya modal lebih kurang Rp.47,6 Miliar. Setiap kecamatan sudah punya regulasi, bagaimana memberikan fasilitas pinjaman kepada masyarakat dengan cara cepat, mudah dan murah, tanpa bunga hanya biaya administrasi awal.

Menurutnya, skema yang diluncurkan pembayaran angsuran per minggu selama 10 minggu, berarti 10 kali bayar dari pinjaman Rp.500.000 sampai Rp. 2 juta dan sasaran utama memang yang terjerat renternir, selain itu ada juga skema untuk pelaku UMKM yang tidak punya agunan, kita buka di seluruh UPK di Tanah Datar.

“Alhamdulillah dari 14 kecamatan, sudah dimulai 8 kecamatan, yang lain sedang persiapan, karena regulasi ditetapkan melalui musyawarah kecamatan atau musyarawarah antar nagari,” pungkasnya. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre